.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

kenapa bayi baru bisa jalan, kakinya kok bengkok, normalkah ? (berbagi pengalaman)

Bismillah, saya punya 2 anak cewek yang masih balita, Alhamdulillah. Ketika Anak kedua baru bisa jalan sekitar 1 tahun 3 bulan usianya dan masih pakai popok, seorang ibu memberi tahu kepada istri saya bahwa jalannya tidak lurus seperti o, lalu menasehati untuk  di bedong lagi. Katanya, karna pas bayi kurang di bedong dan ada juga yang bilang karena pakai popok terlalu lama.

Istri pun panik dan turuti saran ibu tersebut untuk di bedong lagi tapi hanya bisa dilakukan beberapa kali dan sebentar, karna si adek brontak dan kejang-kejang nangisnya. Lalu dibiarkan saja setelah itu. 

Tak lama setelah itu, si adik angsur-angsur kami kurangi pakai popok hingga berhenti total di usiaanya mendekati 2 tahun (sekalian hemat biaya), Alhamdulillah jalannya sudah normal, tak tahu pasti usia berapanya, yang jelas Saat ini usianya sudah 2 tahun 8 bulan.

Pada artikel ini Saya berbagi pengalaman kepada pembaca terutama yang belum menikah jika telah menikah kemudian Allah arrazzaq karuniakan bayi, bisa ambil pelajaran dari pengalaman saya.

kaki bayi kenapa bengkok? Karena selama dalam kandungan, si calon bayi meringkuk (melingkar) dalam rahim ibu selama 9 bulan lamanya.

Dokter muda farhan zubedi pada video reel di akun ignya yang saya tangkap penjelasannya Bahwasanya Ketika si balita sudah bisa berjalan dan melihat kaki anak seperti o alias tidak lurus jalannya maka ini dikenal dengan istilah Genu varum (bentuk kaki o) dan ini umumnya terjadi pada semua bayi usia 18 hingga 24 bulan. 
Seiring bertambahnya usia maka kakinya akan kembali normal. Hendaklah para orangtua Penuhi kebutuhan vitamin D si bayi dan jaga berat badannya untuk pertumbuhan tulang yang sehat.

jika usianya sudah 3 tahun keatas, belum juga lurus kakinya Maka silahkan konsultasi ke dokter.

Menurut dokter rosalina: benar-benar hilang bentuk o (jalan kembali lurus) pada usia 4-6 tahun. Jika kaki bayi tetap bengkok maka kemungkinannya karena faktor trauma, tumor, atau infeksi.

Kesimpulan: 
kaki bayi yang baru bisa jalan terlihat bentuk o Adalah normal, jadi tidak mutlak karena kurang di bedong atau kelamaan pakai popok. In sya allah anak yang sehat kembali lurus jalannya secara alami tanpa harus di terapi dahulu dan di bedong lagi.

Semoga Bermanfaat

Ditulis oleh Atri Yuanda ibnu Mahyudin Elbariamany
Baca Juga
    kotak infak
    infak pengembangan dakwah online dan markaz tahfidz. transfer ke (451) 7131 9864 61 BSI a/n Atri Yuanda | yuk berteman, langganan artikel dan konfirmasi via WhatsApp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: