.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Kajian singkat sirah nabawi : perintah dakwah secara sembunyi-sembunyi (rahasia)


1. nabi muhammad shallallahu alahi wa salam memulai dakwah secara rahasia ketika turun perintah Allah taala dalam surat al-mudattsir ayat 1-7

یَـٰۤأَیُّهَا ٱلۡمُدَّثِّرُ (1) قُمۡ فَأَنذِرۡ (2) وَرَبَّكَ فَكَبِّرۡ (3) وَثِیَابَكَ فَطَهِّرۡ (4) وَٱلرُّجۡزَ فَٱهۡجُرۡ (5) وَلَا تَمۡنُن تَسۡتَكۡثِرُ (6) وَلِرَبِّكَ فَٱصۡبِرۡ (7)
Wahai orang yang berkemul (berselimut)! (1) Bangunlah, lalu berilah peringatan! (2) Dan agungkanlah Rabbmu, (3) Dan bersihkanlah pakaianmu, (4) Dan tinggalkanlah segala (perbuatan) yang keji, (5) Dan janganlah engkau (Muhammad) memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak. (6) Dan karena Rabbmu, bersabarlah. [Surat Al-Muddatstsir: 1-7]

2. maka nabi mendakwahi ahlul baitnya (keluarga nabi) dan orang terdekat dengan nabi yang sudah saling terikat dari para sahabat-sahabatnya yang mana mereka meyakini kebenarannya.

3. nabi mengajak mereka untuk beribadah kepada Allah taala semata, bersikap ramah kepada manusia, persatuan (di atas tauhid dan sunnah nabi) dan meninggalkan perperangan (di masa jahiliyyah, mereka mudah sekali tersulut api perperangan hanya karena fanatik suku atau perkara sepele/remeh)

4. dan benar permulaan dakwah dengan cara rahasia, khawatir manusia terkejut terhadap perkara yang belum mereka ketahui dan belum mereka Dengar.

maksudnya, dakwah tauhid yang nabi muhammad shallallahu alahi wa salam bawa adalah perkara yang berat dan penuh tantangan di lingkungan yang mengakar perbuatan jahiliyyahnya maka butuhnya tahapan yang harus nabi jalani, di mulai dengan cara rahasia dan perlahan sebelum masuk fase terang terangan.

diantara pelajaran yang bisa di ambil:

- seorang pendakwah haruslah terus belajar dan mengamalkan ilmu

- dakwah itu butuh strategi dan bertahap agar ditolong Allah taala

- nabi muhammad shallallahu alahi wa salam di pilih Allah taala langsung dan pasti di tolong namun Allah taala tetap memerintahkan nabi berdakwah dimulai dengan cara rahasia.

- larangan berdakwah secara gegabah, mendadak, kasar, asal-asalan dan cara yang buruk sehingga dakwah malah dibenci

- bentuk kasih sayang Allah taala kepada nabi muhammad agar berdakwah sembunyi-sembunyi, supaya bertahap menempa mental dan keimanan nabi agar semakin kuat.

- bentuk kasih sayang Allah taala kepada umat nabi muhammad, Allah taala mulai dengan cara sembunyi-sembunyi agar pelan pelan manusia menerima kebenaran ajaran islam dan sebagai hujjah kelak bagi mereka yang mati kuffur. 

- dakwah butuh kesabaran karna hidayah taufik yang menentukan adalah Allah taala

- seorang pendakwah hendaklah hiasi diri dengan akhlak yang mulia dihadapan manusia

- dakwahilah orang yang terdekat dan condong kepada kebenaran.

- bangunlah kekuatan dan solidaritas

- dakwah butuh bimbingan orang yanh telah senior dan berpengalaman sebagaimana nabi berdakwah dibimbing Allah taa'a lewat perantara malaikat jibril alahissalam.

- kebiasaan buruk yang sudah menjadi adat tidak bisa langsung instan diubah maka perlunya fiqh dakwah yang tepat untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang sudah menjadi adat tersebut.

- berdakwahlah karena Allah taala karena hakikatnya kita yang butuh, jika kita enggan maka kita yang rugi, karena agama Allah taala pasti ditolong dan akan ada pengganti posisi dakwah ini.

- pintu kebaikan itu banyak dan ada Diantara manusia yang dibuka pintu kebaikan oleh Allah taala dari pintu dakwah maka bersyukurlah dan mohonlah istiqamah hingga tutup usia.

diterjemahkan dari kitab khulashoh nuril yakin dan sedikit tambahan oleh Atri yuanda ibnu mahyudin elbariamany

Baca Juga
    kotak infak
    infak pengembangan dakwah online dan markaz tahfidz. transfer ke (451) 7131 9864 61 BSI a/n Atri Yuanda | yuk berteman, langganan artikel dan konfirmasi via WhatsApp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: