.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

kemana roh dibawa setelah dicabut malaikat maut ? | Syeikh Ibnu utsaimin rahimahullah

Berkata syeikh ibnu Utsaimin rahimahullah:
Sesungguhnya malaikat maut mencabut nyawa dari badan seseorang, turut menyertainya malaikat yang lain.

Jika orang tersebut termasuk penghuni syurga maka malaikat yang menyertai malaikat maut membawa Wadah berisi  beragam jenis wangian dan kafur yang dibawa dari syurga.

Dan juga membawa kafan dari syurga, setelah ruh dicabut oleh malaikat maut, para malaikat yang lain mengambil roh yang baik ini lalu meletakkan diatas kafan yang sudah diberi wangian dari syurga. Setelah dikafani para malaikat membawa roh yang baik ini naik ke langit menemui Allah azza wa jalla, hingga roh yang baik tersebut tepat berada dihadapan Allah azza wa jalla.


Kemudian Allah taala berkata kepada para malaikat yang membawa roh yang baik tersebut: tulislah Catatan amal hamba-KU ini di illiyyin (tempat yang paling tinggi, paling luas dan paling lebar), kembalikan ruhnya ke bumi, maka para malaikat membawa roh tersebut ke jasadnya kembali untuk menghadapi ujian di alam kubur, (ditanya oleh malaikat Munkar dan nakir) siapa tuhanmu, apa agamamu dan siapa nabimu (roh yang baik ini Allah teguhkan lisannya untuk menjawab dengan benar sehingga mendapatkan nikmat kubur hingga kiamat sebelum masuk syurga).

Dan jika mayatnya bukan orang mukmin, semoga kita dilindungi Allah dari mati selain mukmin (seperti mati atheis, syirik akbar, kafir, murtad, munafik akbar, fasik)


Malaikat maut setelah mencabut nyawa roh buruk tersebut, malaikat yang menyertai malaikat maut telah membawa kafan dari neraka dan wadah yang berisi ramuan yang busuk dari neraka, roh yang buruk tersebut diletakkan diatas kafan yang sudah diberi ramuan dari neraka kemudian setelah dikafani, roh tersebut dibawa ke atas langit, namun pintu langit ditutup bagi roh yang buruk tersebut untuk masuk, akhirnya roh yang buruk itu dilemparkan ke bumi.

Allah taalah berfirman

حُنَفَاۤءَ لِلَّهِ غَیۡرَ مُشۡرِكِینَ بِهِۦۚ وَمَن یُشۡرِكۡ بِٱللَّهِ فَكَأَنَّمَا خَرَّ مِنَ ٱلسَّمَاۤءِ فَتَخۡطَفُهُ ٱلطَّیۡرُ أَوۡ تَهۡوِی بِهِ ٱلرِّیحُ فِی مَكَانࣲ سَحِیقࣲ
(Beribadahlah) dengan ikhlas kepada Allah, tanpa mempersekutukan-Nya. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka seakan-akan dia jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh. [Surat Al-Hajj 31]

Kemudian Allah taala berkata: tulislah Catatan amal hambaku di sijjin (kebalikan dari illiyyin, tempat yang paling rendah dan sempit)

(roh selain mukmin tersebut di kembalikan ke jasadnya untuk ditanyai namun dia tidak mampu menjawab sehingga mendapatkan azab kubur sebelum azab neraka karena yang mampu menjawab hanyalah mukmin yang beramal sholeh)

Kita memohon kepada Allah taala keselamatan agar dimatikan husnul khatimah, termasuk golongan illiyyin bukan golongan sijjin, Amin ya rabbal alamin.

Syarah aqidah washithiyah hal. 41

Catatan
- nama malaikat khusus pencabut nyawa adalah malaikat maut bukan malaikat izrail
ruh orang mukmin disibukkan dengan nikmat kubur adapun selain mukmin maka disibukkan dengan azab kubur. Jadi, tidak benar keyakinan roh balik pada hari ke 3,7,14 dan seterusnya, tidak benar ada ruh bergentayang, ruh keluar kubur pada hari tertentu dan kurafat lainnya. Allahu a'lam

Akhukum fillah Atri Yuanda Ibnu Mahyudin Elbariamany

▪قال الشيخ #ابن_عثيمين - رحمه الله -: 
👇 
" إن ملك #الموت إذا أخرج #الروح من البدن تكون عنده #ملائكة ،
- إن كان #الرجل من #أهل_الجنة ، فيكون معهم حنوط من الجنة ، 
وكفن من #الجنة ، يأخذون هذه الروح #الطيبة ويجعلونها في هذا الكفن ، ويصعدون بها إلى #الله ﷻ ، حتى تقف بين يدي الله ،
ثم يقول : اكتبوا #كتاب عبدي في عليين ، وأعيدوه إلى الأرض ، فترجع الروح إلى #الجسد من أجل الإختبار : من ربك ؟
ومادينك ؟ ومن نبيك ؟ ..

- وإن كان #الميت غير مؤمن والعياذ بالله ! فإنه ينزل ملائكة معهم كفن من #النار وحنوط من النار ، يأخذون #الروح ويجعلونها في هذا الكفن ، ثم يصعدون بها إلى السماء ، فتُغلق أبواب #السماء دونها ، وتُطرح إلى #الأرض ؛ #قال_تعالى : 
{ وَمَن يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَكَأَنَّمَا خَرَّ مِنَ السَّمَاءِ فَتَخْطَفُهُ الطَّيْرُ 
أَوْ تَهْوِي بِهِ الرِّيحُ فِي مَكَانٍ سَحِيقٍ } الحج ٣١ 
ثم يقول الله : اكتبوا كتاب عبدي في سجين .
نسأل الله العافية ! "
••
📚 [ #شرح #العقيدة_الواسطية | ص٤٠/٤١ ]

 #نسأل الله حسن الخاتمة.. 🤲🏽
#قناة_الجزائر_السلفية
Baca Juga
    kotak infak
    infak pengembangan dakwah online dan markaz tahfidz. transfer ke (451) 7131 9864 61 BSI a/n Atri Yuanda | yuk berteman, langganan artikel dan konfirmasi via WhatsApp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: