.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Inilah 3 alasan, kenapa muslim dilarang mengucapkan selamat natal

Mengucapkan selamat natal adalah perkataan kufur dan melanggar batasan toleransi beragama, Allah taala telah membuat batasan toleransi beragama, pahami surat alkafirun.

mengucapkan selamat natal jatuh kepada perbuatan mencampurkan yang hak dengan yang bathil, mengucapkan selamat natal adalah kebathilan.

وَلَا تَلۡبِسُوا۟ ٱلۡحَقَّ بِٱلۡبَـٰطِلِ وَتَكۡتُمُوا۟ ٱلۡحَقَّ وَأَنتُمۡ تَعۡلَمُونَ
Dan janganlah kamu campuradukkan kebenaran dengan kebatilandan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangakan kamu mengetahuinya! [Surat Al-Baqarah 42]

Jika ada yang mengaku muslim, tapi dengan ringannya mengucapkan selamat natal, maka coba renungkan pertanyaan ini.

1. Apakah benar nabi isa alaihissalam lahir pada 25 Desember ?

فَحَمَلَتۡهُ فَٱنتَبَذَتۡ بِهِۦ مَكَانࣰا قَصِیࣰّا ۝ فَأَجَاۤءَهَا ٱلۡمَخَاضُ إِلَىٰ جِذۡعِ ٱلنَّخۡلَةِ قَالَتۡ یَـٰلَیۡتَنِی مِتُّ قَبۡلَ هَـٰذَا وَكُنتُ نَسۡیࣰا مَّنسِیࣰّا ۝ فَنَادَىٰهَا مِن تَحۡتِهَاۤ أَلَّا تَحۡزَنِی قَدۡ جَعَلَ رَبُّكِ تَحۡتَكِ سَرِیࣰّا ۝ وَهُزِّیۤ إِلَیۡكِ بِجِذۡعِ ٱلنَّخۡلَةِ تُسَـٰقِطۡ عَلَیۡكِ رُطَبࣰا جَنِیࣰّا
Maka dia (Maryam) mengandung, lalu dia mengasingkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh. Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya (bersandar) pada pangkal pohon kurma. Dia (Maryam) berkata, “Wahai, betapa (baiknya) aku mati sebelum ini, dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan.” Maka dia (Jibril) berseru kepadanya dari tempat yang rendah, “Janganlah engkau bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. [Surat Maryam 22 - 25]

Menurut Wikipedia dan sumber lainnya, menyebutkan bahwa nabi isa alahissalam lahir di betlehem palestina

Saya nukil dari rumayso
Kurma adalah buah khas negeri gurun. Yang pernah tinggal di Arab pasti tahu bahwa buah ini barulah matang ketika musim panas (sekitar Juni – Oktober) saat suhu di atas 45 derajat celcius. Walau sangat panas dan menyiksa, saat itulah yang dinantikan para petani untuk memanen kurma.

Saya kutip dari weatherspark.com
Suhu Rata-rata di Gaza Palestina Pada Musim panas berlangsung selama 4,0 bulan, dari 10 Juni sampai 10 Oktober, dengan suhu tertinggi harian rata-rata di atas 28°C. Bulan terpanas dalam setahun di Gaza adalah Agustus, dengan rata-rata suhu terendah 30°C dan tertinggi 23°C.

Musim dingin berlangsung selama 3,1 bulan, dari 12 Desember sampai 16 Maret, dengan suhu tertinggi harian rata-rata di bawah 20°C. Bulan terdingin dalam setahun di Gaza adalah Januari, dengan rata-rata terendah 10°C dan tertinggi 17°C.

Dalam Al-Qur'an menyebutkan kisah lahirnya nabi isa ibnu maryam, namun tidak menjelaskan secara detail tahun, bulan dan harinya. 

Tidak ada jalan mengetahui kepastian lahirnya, kecuali melalui jalur wahyu namun tidak ada sanad riwayat yang shahih menjelaskan detail kelahiran nabi isa alaihissalam, ini menunjukkan mengetahui kapan lahirnya bukanlah ilmu yang bermanfaat dan tidak mengetahuinya pun tidak memudhorotkan.

Jadi, tidak selayaknya muslim mengucapkan kalimat kufur selamat natal, berbagi hadiah dan turut memeriahkan perayaan natal. hal ini jelas bertentangan dari sisi sejarah, bahwa tidak benar nabi isa alaihissalam lahir di bulan Desember karena di bulan itu musim dingin bukan musim panas. 

2. Apakah benar nabi isa alahissalam anak Allah ?
Sebagai seorang muslim tidak selayaknya mengucapkan kalimat kufur "selamat natal" karena ini bagian dari prinsip aqidah yang harus dijaga hingga tutup usia.

Umat Kristen merayakan natal karena aqidah mereka meyakini lahirnya anak tuhan

وَقَالُوا۟ ٱتَّخَذَ ٱلرَّحۡمَـٰنُ وَلَدࣰا ۝ لَّقَدۡ جِئۡتُمۡ شَیۡـًٔا إِدࣰّا ۝ تَكَادُ ٱلسَّمَـٰوَ ٰ⁠تُ یَتَفَطَّرۡنَ مِنۡهُ وَتَنشَقُّ ٱلۡأَرۡضُ وَتَخِرُّ ٱلۡجِبَالُ هَدًّا ۝ أَن دَعَوۡا۟ لِلرَّحۡمَـٰنِ وَلَدࣰا ۝ وَمَا یَنۢبَغِی لِلرَّحۡمَـٰنِ أَن یَتَّخِذَ وَلَدًا
Dan mereka berkata, “(Allah) Yang Maha Pengasih mempunyai anak.” Sungguh, kalian telah membawa sesuatu yang sangat mungkar, hampir saja langit pecah, bumi terbelah, dan gunung-gunung runtuh (karena ucapan itu), karena mereka menganggap (Allah) Yang Maha Pengasih mempunyai anak. Dan tidak mungkin bagi (Allah) Yang Maha Pengasih mempunyai anak.[Surat Maryam 88 - 92]

Allah taala saja murka dengan ungkapan tersebut, maka pantaskah seorang yang mengaku muslim mengatakan "selamat atas kelahiran anak Allah", nauzubillah

Jadi, ini jelas  bertentangan dari sisi tauhid. Ini jelas bertentangan dengan surat al-ikhlas dan banyak dalil dalam Al-Qur'an dan hadits nabi shalallahu alahi wa sallam.

Baca juga artikel Asal penciptaan nabi adam dan keturunannya, dalam artikel juga dibahas tentang nabi isa ibnu maryam lahir tanpa ayah dan benarkah dia anak Allah ?

3. Apakah  benar nabi isa alahissalam di salib ?
Dalam keyakinan kristen, mayoritas mereka meyakini bahwa nabi isa disalib. salah satu video di YouTube saya sempat menyimak khotbah perayaan natal bulan Desember 2021 juga mengingatkan ke jamaahnya untuk mengenang pengorbanan yesus yang rela disalib demi menebus dosa umat kristen.

Sebagai seorang muslim harus mengetahui

- nabi isa alahissalam tidak disalib tapi Allah taala angkat ke langit, yang disalib adalah satu muridnya

وَقَوۡلِهِمۡ إِنَّا قَتَلۡنَا ٱلۡمَسِیحَ عِیسَى ٱبۡنَ مَرۡیَمَ رَسُولَ ٱللَّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَـٰكِن شُبِّهَ لَهُمۡۚ وَإِنَّ ٱلَّذِینَ ٱخۡتَلَفُوا۟ فِیهِ لَفِی شَكࣲّ مِّنۡهُۚ مَا لَهُم بِهِۦ مِنۡ عِلۡمٍ إِلَّا ٱتِّبَاعَ ٱلظَّنِّۚ وَمَا قَتَلُوهُ یَقِینَۢا ۝ بَل رَّفَعَهُ ٱللَّهُ إِلَیۡهِۚ وَكَانَ ٱللَّهُ عَزِیزًا حَكِیمࣰا
Dan (Kami hukum juga) karena ucapan mereka, “Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah,padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh adalah) orang yang diserupakan dengan Isa. Sesungguhnya mereka yang berselisih pendapat tentang (pembunuhan) Isa, selalu dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka benar-benar tidak tahu (siapa sebenarnya yang dibunuh itu), melainkan mengikuti persangkaan belaka, jadi mereka tidak yakin telah membunuhnya. Tetapi Allah telah mengangkat Isa ke hadirat-Nya.Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana. [Surat An-Nisa' 157 - 158]

Dilansir dari konsultasi Syariah

Ketika Allah hendak mengangkat Isa ke langit, beliau menemui para muridnya, dan ketika itu di rumah ada 12 lelaki hawariyin… kemudian Isa mengatakan, “Siapakah diantara kalian yang wajahnya digantikan seperti wajahku, lalu dia akan dibunuh menggantikan aku, dan dia akan mendapatkan surga yang derajatnya sama denganku. Lalu berdirilah seorang pemuda yang paling muda usianya, “Saya.”

“Duduk.” Kata Isa.

Nabi Isa mengulang lagi tawarannya, dan pemuda itu angkat tangan dan menyatakan “Saya.”

Nabi Isa tetap menyuruhnya untuk duduk. Hingga berlangsung sampai 3 kali. Di yang ketiga, pemuda ini angkat tangan, “Saya.” Lalu Isa mengatakan, “Baik, kamu orangnya.”

Lalu dia diserupakan dengan Isa dan Isa diangkat melalui lubang angin yang ada di atap, menuju langit.

Kemudian datanglah orang yahudi yang mencarinya, mereka langsung menangkap manusia  yang mirip itu, dan langsung membunuhnya, lalu mensalibnya. (Tafsir Ibnu Katsir, 2/449).

- Dalam aqidah islam, setiap orang menanggung dosanya masing-masing.

أَلَّا تَزِرُ وَازِرَةࣱ وِزۡرَ أُخۡرَىٰ ۝ وَأَن لَّیۡسَ لِلۡإِنسَـٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ ۝ وَأَنَّ سَعۡیَهُۥ سَوۡفَ یُرَىٰ ۝ ثُمَّ یُجۡزَىٰهُ ٱلۡجَزَاۤءَ ٱلۡأَوۡفَىٰ ۝ وَأَنَّ إِلَىٰ رَبِّكَ ٱلۡمُنتَهَىٰ
(Yaitu) bahwa seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain, Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, Dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna, Dan sesungguhnya kepada Tuhanmulah kesudahannya (segala sesuatu),[Surat An-Najm 38 - 42]

Jadi, Tidak benar Nabi isa alaihissalam rela mengorbankan dirinya disalib, demi menebus dosa-dosa manusia.

Dilansir dari firanda.com, Ustadz firanda berkata 
di mana kala itu kaum Yahudi ditindas oleh bangsa Romawi dan yang mereka harapkan adalah nabi yang membantu mereka dalam memerangi bangsa Romawi. Akan tetapi nabi yang diutus kepada mereka adalah nabi Isa ‘alaihissalam yang memperbaiki tauhid dan akhlak mereka, dan bukan untuk memberontak kepada bangsa Romawi. Tatkala kaum Yahudi mendapati nabi mereka tidak sesuai dengan kehendak mereka, maka mereka berusaha membunuhnya. 

Menurut Wikipedia
Menurut penanggalan Yahudi, Ia mati tergantung di atas salib, tanggal 14 Nisan, beberapa jam sebelum hari Paskah Yahudi dirayakan (tanggal 15 Nisan, dimulai pada sekitar pk. 18:00 saat matahari terbenam). Hukuman mati dengan disalibkan dijatuhkan atas perintah gubernur Kerajaan Romawi untuk provinsi Yudea, Pontius Pilatus, berdasarkan laporan para pemuka agama Yahudi saat itu bahwa Yesus Kristus mengaku sebagai Raja orang Yahudi. Berita penyaliban dan kematian ini dicatat di sejumlah tulisan sejarawan Kerajaan Romawi, orang Yahudi dan murid-murid Yesus. Catatan yang paling detail ditemukan di kitab-kitab Injil dalam bagian Perjanjian Baru Alkitab Kristen.

___________
Point penting yang harus diketahui setiap muslim bahwa
- tidak benar nabi isa alahissalam lahir di bulan Desember yang mana ketika itu musim dingin
- tidak benar nabi isa alahissalam disalib
- nabi alahissalam diangkat Allah taala ke langit dan kelak di akhir zaman turun untuk meluruskan aqidah umat Kristen agar kembali mentauhidkan Allah taala
- isa ibnu maryam adalah hamba Allah dan rasulNya bukan anak Allah
- Allah taala mengutus nabi isa alahissalam ke kaumnya bani Israil untuk memperbaiki tauhid dan akhlak mereka. 
- mengucapkan selamat natal adalah kata kufur yang dapat merusak kesempurnaan tauhid seorang muslim

Allahu alam

Disusun oleh Atri yuanda ibnu Mahyudin Elbariamany

Baca Juga
    kotak infak
    infak pengembangan dakwah online dan markaz tahfidz. transfer ke (451) 7131 9864 61 BSI a/n Atri Yuanda | yuk berteman, langganan artikel dan konfirmasi via WhatsApp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: