.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Apa yang terjadi setelah kematian ? bagian 1: Alam Barzakh


Setelah manusia berpindah dari kehidupan dunia menuju tahapan kedua yaitu barzakh (alam kubur). Barzakh adalah masa persiapan untuk perpindahan (penantian) antara kehidupan Dunia menuju kehidupan akhirat.

Dan Kehidupan ini tidak hanya berkaitan dengan orang yang dikubur saja, ada yang mati tenggelam, mati dibakar, ada yang tidak diketahui (kapan, dimana matinya) dan tidak pula dikubur.

Kehidupan di alam barzakh dimulai sejak manusia mati. Manusia akan jalani dalam 5 keadaan. Yang Pertama namanya dhoj'ah yaitu fase keluarnya roh atau perpindahan, ditampakkan hal qaib. 

"Kami singkapkan tutup (yang menutupi) matamu, sehingga penglihatanmu pada hari ini sangat tajam" QS. Qaf: 22

Ketika dia melihat malaikat dihadapannya, ruhnya keluar (seperti pedang terhunus). Rūh dibawa keatas langit dan lalu diturunkan dari langit ke 7 ke bumi, lalu kembali ke jasadnya.

Lalu jenazah dipandu diatas pundak. Dan mukmin Sebagaimana terdapat dalam hadits shahih, dia berkata "segerakan untukku" 3x karena dia bahagia Atas apa yang dikerjakan selama hidupnya.

Si mayat melihat malaikat membawa wangian, ramuan dan kain kafan dari syurga. Si mayat Bahagia dan senang atas apa yang dibawa Oleh si malaikat.

Kemudian setelah itu pada tahapan ke 2 di alam Barzakh adalah tahapan azzommah. Yaitu ketegangan/kecemasan sangat dahsyat dirasakan Oleh selain mukmin dan rasa cemas yang ringan Bagi orang mukmin.

Akan tetapi tidak ada yang selamat dari fase (Menegangkan) ini. Berkata nabi shalallahu alaihi Wa salam, seandainya ada yang bisa selamat Maka yang paling layak adalah Sa'ad bin muadz Radhiyallahu Anhu.

(Keutamaannya) bergoncang Arsy-Nya Allah atas Wafatnya Sa'ad bin muadz. Tidak ada seorang pun Yang selamat melewati fase ini. Karena fase ini (Penentuan) tahapan berikutnya. Karena Di fase ini Sangatlah berat dirasakan oleh siapa saja.

Yaitu tahapan turunnya malaikat, 2 malaikat turun lalu duduk Dihadapan si mayat kemudian malaikat Akan bertanya 3 pertanyaan : siapa tuhanmu, apa agamamu dan Siapa nabimu.

Pada tahapan ini bagi orang mukmin, "Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh (dalam kehidupan) di dunia dan di akhirat" QS. Ibrahim. 27

Manusia ketika itu terputus sudah urusan dunia Ingatan di dunia hilang kecuali orang mukmin yang Allah jaga ingatannya, oleh karena itu orang Mukmin langsung menjawab, Allah Tuhanku, Islam agamaku dan Muhammad nabiku 3x

Terus diulang jawabannya karena dia senang tahu jawabannya. Kemudian lanjut pada tahapan Berikutnya yaitu ketika awal di alam kubur. Tiba tiba Datang kepadanya seorang (pria/wanita sesuai jenis kelamin mayat) yang akan Menemaninya di alam kubur.

Seseorang yang datang ini dilihat dulu. Jika Perawakannya bagus dan enak dipandang. Si mayit bertanya, siapa anda ? Wajah anda Membawa kebaikan, bau anda wangi. Siapa anda?

Lalu dia menjawab : saya adalah amal Sholehmu Saya solatmu, puasamu, tahajudmu, dzikirmu, doamu. Si mayat menjadi bahagia dan senang. Amal Sholehnya berupa orang akan menemaninya Hingga ditegakkannya hari kiamat.

Namun jika sebaliknya, maka datang seseorang Buruk rupa, bau tidak sedap, tak enak dipandang. Teman yang menjijikkan. Si mayat berkata: Siapa anda dengan wajah yang datang membawa Keburukan ?, Dia menjawab: saya amal burukmu

(Akan dikatakan kepadanya), “Itu karena perbuatan yang dilakukan dahulu oleh kedua tanganmu”, dan Allah sekali-kali tidak menzalimi hamba-hamba-Nya. QS. Alhajj: 10

Tahapan ke 5, tahapan terakhir di alam barzakh Bahwasanya hamba tersebut, Dikatakan kepadanya (jika dia termasuk orang mukmin), lihatlah ke kiri.
Dia melihat ternyata api neraka menyambar nyambar.

diapun ketakukan, maka dikatakan kepadanya "tidak, Ini tempatmu jika kamu durhaka kepada Allah". Lalu Diperintahkan melihat ke kanan maka dia dapati Syurga, dikatakan kepadanya "ini tempatmu kelak Karena ketaatan mu kepada Allah taala.

Si mayit pun meninggikan suara, "ya Allah segerakan Kiamat agar saya bisa kembali kepada keluarga Saya (yang taat) dan harta saya.

Adapun yang lain, mengalami sebaliknya. Disuruh Melihat ke kanan lalu si mayat melihat syurga Si mayat senang dan bergirang hati. Padahal dia Melihat amal (banyak memaksiat Allah) dan tak Bisa menjawab pertanyaan malaikat.

Lalu dikatakan kepadanya si mayat, "ini tempatmu Jika kamu mentaati Allah, akan tetapi lihatlah ke kiri Anda", maka si mayat melihat, ternyata itu adalah Neraka yang menyambar nyambar. Si mayat Berteriak penuh ketakutan.

Berkata malaikat: "ini tempat kembalimu karena kamu Telah memaksiati Allah taala", kemudian si mayat. Berkata: "ya Allah, jangan ditegakkan kiamat", kenapa ?, Karena si mayat tahu apa yang Akan terjadi setelah ditegakkan kiamat tempatnya di neraka.

Itulah kehidupan di alam barzakh, berapa lama Manusia di alam kubur, ribuan tahun atau jutaan Tahun ?, Hanya Allah yang tahu.

Akan tetapi maha suci Allah, alam barzah diibaratkan Seperti tidur yang panjang. Adapun tidurnya Seorang mukmin adalah kenikmatan. Adapun tidurnya Orang selain mukmin adalah diazab. Karena ada Manusia di azab dalam kubur, seperti firaun.

Firaun di azab dan Ditampakkan neraka kepada Fir'aun siang malam, diantara nya disiksa dengan Campuran besi yang dilelehkan, lautan darah busuk. Yang terpenting azab kubur itu ada. Bisa jadi diazab Rūh dan jasad, namun yang lebih tepat adalah Roh yang lebih banyak disiksa ketimbang fisik.

Manusia menunggu di alam kubur dalam jeda waktu Yang sangat lama. Sehingga ketika telah ditegakkan Kiamat, si hamba akan ditanya. Berapa lama tidurnya ?

Si mayit Sholeh berkata: sehari atau kurang sehari Padahal si mayat telah berada di alam kubur 1 ribu tahun.

Jadi, begitulah gambaran kejadian ketika berada di alam barzakh.

Suara Syeikh Abdurrahman albaahily
diterjemahkan oleh Atri Yuanda Ibnu Mahyudin Elbariamany

semoga saya dan para pembaca dimudahkan dalam menjawab 3 pertanyaan malaikat di alam kubur. amin ya rabbana
Baca Juga
    mohon perhatiannya:
    Berapapun Infak anda, sangat membantu kelangsungan dakwah online dan offline yang saya kelola. transfer ke (451) 7131 9864 61 Bank Mandiri Syariah a/n Atri Yuanda | konfirmasi dan saran, chat via whatsapp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: