.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Hukum memutar murottal alquran dalam mobil tapi speakernya ada yang letaknya sejajar dengan kaki


Syeikh ibnu Utsaimin rahimahullah pernah ditanya: 

di dalam sebagian mobil, speaker dipasang sejajar dengan kaki dan terkadang kaki dan sepatu diletakkan pada speaker tersebut.

Pertanyaan: ketika murottal diputar maka apakah ini termasuk penghinaan terhadap kitabullah?

Dan apakah perbuatan ini bisa dikiaskan dengan fatwa anda tentang orang yang membentangkan kakinya di depan mushaf Alquran, mohon nasehatnya dan semoga Allah menjaga anda.

Jawaban:
Jika letak speaker tersebut sebagai mana anda sebutkan berada sejajar dengan kaki atau sepatu maka selayaknya dia tidak memutarkan murattal alquran. Karena alquran alkarim didengar dari bawah kaki manusia maka itu tidak diragukan bahwasanya ini termasuk menghinakan alquran.

Dan jika seseorang hendak menyimak lantunan alquran maka hendaklah dia mengangkat posisi speaker lebih tinggi daripada kakinya. liqaul bab almaftuh. 13/57


Tambahan saya

- jika selama ini tidak tahu hukumnya dan baru sadar bahwa ternyata pernah memutar murattal alquran dalam mobil, yang mana suara murattal keluar juga dari speaker bawah sejajar kaki, maka hendaklah dia beristighfar mohon ampun dan semoga Allah alqafur mengampuni kekhilafan kita dan hendaklah jika speaker yang terhubung banyak, ada yang di atas maka yg dibawah di nonaktifkan atau dipindah posisi speaker dibawah lebih tinggi dari tempat duduk.

- hendaklah menasehati orang yang memutarkan musik di dalam mobil agar dimatikan. Jika tak mampu maka minimal ingkari dalam hati dan ini selemah lemah iman

- semoga Allah arrazzaq karuniakan kita mobil agar lebih nyaman bepergian dengan keluarga agar bisa di perjalanan mendengar murottal atau kajian islam, dihindarkan dari asap rokok dan kemungkaran lainnya.

- harapan saya, semoga kedepannya ada mobil bus atau travel yang menerapkan aturan sesuai syariat islam sehingga menimalisir kerusakan dan maksiat. 

Allahu alam

Translate by atri Yuanda Elbariamany
Sumber https://www.facebook.com/groups/703462527033269/permalink/935101393869380/

حكم سماع القرآن في السيارة إذا كانت السمّاعات محاذية للأقدام

📌 سئل الشيخ ابن عثيمين رحمه الله : " في بعض السيارات تكون سماعات المسجل محاذية للأقدام ، وقد توضع الأقدام والحذاء على السماعة.

👈 والسؤال هو: عندما يشغل القرآن فهل يكون في هذا امتهان لكتاب الله تعالى؟ وهل يقاس هذا الفعل على فتواكم على من يمد أقدامه أمام كتاب الله تعالى، نرجو التوجيه والله يحفظكم ؟

✒️ فأجاب :

إذا كانت السماعات كما ذكر تحت الأقدام ، أو عند حذاء الأقدام ، فإنه لا يفتحه على القرآن الكريم ؛ لأن كون القرآن الكريم يسمع من تحت قدم الإنسان لا شك أن فيه إهانة للقرآن ، وإذا كان الإنسان لا بد أن يستمع إلى القرآن فليرفع السماعة عن محاذاة الأقدام "

📙 انتهى من "لقاء الباب المفتوح" (57/ 13).
Baca Juga
    kotak infak
    infak pengembangan dakwah online dan markaz tahfidz. transfer ke (451) 7131 9864 61 BSI a/n Atri Yuanda | yuk berteman, langganan artikel dan konfirmasi via WhatsApp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: