Sunnahkah Mengusap Wajah setelah Berdoa ?

Sunnahkah Mengusap Wajah setelah Berdoa ?

Berkata al-imam Muhammad Nashir Al-Albani rahimahullah wa taala :

adapun mengusapkan kedua tangan ke wajah setelah berdoa ketika shalat, maka tidak didapatkan riwayat hadist yang shahih dan tidak pula dari sahabat nabi hingga para tabiut tabiin dan tidak pula dalam hal kias (1).

maka yang terbaik adalah tidak dikerjakan dan mencukupkan apa yang dilakukan para shalafus shaleh terdahulu radhiallahu anhum yaitu mengangkat kedua tangan untuk berdoa tanpa mengusap wajah setelah selesai berdoa.

1. maka itu adalah bidah
dan adapun diluar shalat maka itu juga tidak shahih riwayatnya, semua riwayat tentang mengusap kedua tangan ke wajah setelah shalat adalah lemah, bahkan sebagiannya sangat lemah terhadap sebagian lainnya sebagaimana telah saya tahqiq (Periksa, Teliti dan menentukan status hukum) yang terdapat dalam kitab dhoif abi daud (262) dan al-ahadits asshohihaty (597) dan sebagaimana dikatakan al-izzu bin abdussalam di sebagian fatwanya: "tidakla melakukannya kecuali orang-orang jahil. [ashlun sifatus sholaty (3/959)

translate by Atri Yuanda bin Mahyudin elbariamany
teks Asli Pembahasan dibawah

مسح الوجه عند الفراغ من الدعاء (؟!)

قال الإمام محمد ناصر الدين الألباني- رحمه الله تبارك و تعالى - :

• - أما مسح اليدين بالوجه عند الفراغ من الدعاء في الصلاة ؛ فلم يثبت بخبر صحيح ، ولا أثر ثابت ، ولا قياس (١) 
• - فالأولى أن لا يفعله ، ويقتصر على ما فعله السلف رضي الله عنهم ؛ من رفع اليدين دون مسحهما بالوجه في الصلاة .
------------------------------
(١) { فهو بدعة .
وأما خارج الصلاة ؛ فلم يصح ، وكل ما روي في ذلك ضعيف ، وبعضه أشد ضعفاً من بعض ؛ كما حققته في " ضعيف أبي داود " (٢٦٢) ، و " الأحاديث الصحيحة " (٥٩٧) ، ولذلك قال العز بن عبد السلام في بعض فتاويه : " لا يفعله إلا الجهال " } .【 أصل صفة الصلاة (٩٥٩/٣) 】
═════ ❁✿❁ ══════

Tidak ada komentar: