Etika berbicara "kato nan ampek" urang minang harus tahu


Di minangkabau tu ado etika bahasonyo yaitu kato nan ampek
Kalo urang nan babudayo, kok mangecek halui tutuknyo
Inyo bahaga, batimbang raso, jan tasingguang lawan bicaro

ka urang tuo kato mandaki
Kato kalua, bahati hati
Sopan santun babaluik budi
Yo sasuai tuntunan ilahi

Jo urang samo gadang, kato mandata
Kato balapeh indaklah baa
Jiko bagarah, jan talampau bana
Kawan nan tasingguan nan dikana

Kato malereng ka dipakaikan, jo urang sumando, ipa, jo besan
Ado makasuik ka disampaikan, disabuik contoh jo pabandingan

Kato manurun ka rang mudo
Kato ajaran, itu biaso
Sungguh pun baitu, eloknyo dijago
Dek ulah kato, hatinyo luko

------------
dalam betutur kata di Minangkabau, masyarakat mengenal istilah Kato Nan Ampek, yakninya Kato Mandaki, Malereang, Mandata dan Manurun.

Kato Mandaki: etika berbicara dengan orang tua, bertutur katalah dengan sopan dan tunjukkan rasa hormat.

Kato Malereang: etika berbicara dengan saudara ipar, sumando, orang yang dituakan secara adat atau orang-orang terhormat dari status status sosial yang disandangnya seperti datuak, tanpa memandang usia. Walaupun usianya masih terbilang muda, namun datuak tetap didahulukan selangkah dan ditinggikan satu ranting.

Catatan: Sumando, dalam bahasa Minang artinya menantu laki-laki. Kata sumando berasal dari bahasa malayu kuno (su= badan, Mando dari kata Mandah= menumpang sementara). Sumando artinya menantu laki-laki yaitu seorang suami yang menumpang sementara di rumah istrinya, jadi semua harta adalah milik istri.

Kato Mandata: merupakan cara bertutur kata kepada teman sebaya. Meskipun seusia, kata yang diucapkan tetap harus dalam koridor saling menghargai dan tidak menyinggung satu sama lain.

Kato Manurun: digunakan saat berbicara kepada orang yang lebih muda, antaranya orang tua kepada anak, kakak kepada adik atau guru kepada siswa dan lainnya. Prinsipnya jangan merasa paling tahu dan paling benar.

Dalam konteks kekinian, pola komunikasi tidak lagi sebatas pembicaraan atau dialog langsung bertatap muka namun juga komunikasi melalui media sosial, etika yang telah tertuang dalam Kato Nan Ampek senantiasa kita pedomani pada pola interaksi sosial kita dalam keseharian

Sumber referensi: Minangsatu.com | ig adopatofozan | sumbarprov.go.id
Disusun dan diketik ulang oleh Atri Yuanda ibnu mahyudin elbariamany

Tidak ada komentar: