.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Sebab mengeringnya sungai Eufrat di irak dan tanda-tanda kiamat kecil

Bismillah, artikel ini membahas tentang kondisi terkini sungai Eufrat yang mana bisa teman-teman saksikan pada video di bawah.

Joe hattab adalah seorang YouTuber muslim berdarah arab yang telah memiliki lebih dari 10 subscriber dan kontennya tentang traveling berbagai negara, berbagi edukasi dan keunikan pada negara yang di kunjungi.
Mohon maaf video ada musiknya, jika ada giliran musik, dikecilkan saja.
Sebagaimana teman-teman saksikan pada video dan pada gambar diatas, tampak kondisi terkini sungai Eufrat dan sungai tigris (دجلة) yang telah mulai mengering, volume air mulai berkurang, Sungai ini dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk mengairi perkebunan, ternak, mandi, ikan dll.

Menurunnya volume kedua sungai memberi dampak buruk seperti berkurangnya jumlah ikan, kebutuhan air untuk hewan ternak, masyarakat dan dampak buruk lainnya
sungai Eufrat adalah sungai terpanjang di asia barat dan dalam sejarah irak (dahulunya mesopotamia) sejak dulu merupakan bagian terpenting. 

Pertemuan sungai Eufrat dan sungai tigris di kota Bashra irak selatan dikenal dengan istilah syattul arab (شط العرب) dan bermuara ke teluk persia. sungai Eufrat sumbernya dari pegunungan di kawasan timur turki, adapun sungai tigris berasal dari gunung anatoli di turki.


Penyebab rendahnya volume sungai Eufrat dan tigris dikarenakan perubahan cuaca sehingga curah hujan yang kurang dan diperparah dengan dibangunnya beberapa titik di wilayah turki sekitar 60 bendungan pada sungai Eufrat dan tigris.
Bendungan Attaturk
Bendungan terbesar ke 3 di dunia, Pembangunan cofferdam dimulai pada tahun 1985 dan selesai pada tahun 1987. Diberi nama Bendungan Atatürk, disesuaikan dengan nama pendiri republik turki mustafa kamal attaturk dan disebut dalam beberapa artikel konstruksi internasional sebagai lokasi konstruksi terbesar di dunia dengan catatan waktu penyelesaian tercepat yaitu sekitar 50 bulan. Bendungan ini menahan volume air mengalir di sungai Eufrat menuju irak.
Bendungan ilIisu
Bendungan ini dibangun di desa illisu yang juga berdekatan dengan Kota tua Hasankeyf yang berusia lebih dari 10 ribu tahun di Turki, pembangunan bendungan ini sempat menimbulkan kontroversi karena akan terpaksa merelokasi situs sejarah tersebut ke lokasi baru. Bendungan ini juga berperan berkurangnya volume air ke sungai tigris.

Aliran sungai tigris juga terhubung dengan sungai yang bersumber dari pegunungan di iran dan juga bertemu di syaddul arab, namun juga dibangun sebanyak 10 bendungan oleh pemerintah iran sehingga turut andil mempengaruhi rendahnya volume air sungai tigris.

Rendahnya volume air kedua sungai berdampak kepada terjadinya kekeringan dan berpotensi menjadi padang pasir.
Mengambil pelajaran dari Hadist nabi
Keringnya sungai Eufrat mengingatkan kita tentang hadist nabi tentang tanda-tanda kiamat kecil, salah satunya yang telah terjadi yaitu mulai keringnya sungai Eufrat.

diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَحْسِرَ الْفُرَاتُ عَنْ جَبَلٍ مِنْ ذَهَبٍ، يَقْتَتِلُ النَّاسُ عَلَيْهِ، فَيُقْتَلُ مِنْ كُلِّ مِائَةٍ، تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ، وَيَقُولُ كُلُّ رَجُلٍ مِنْهُمْ: لَعَلِّي أَكُونُ أَنَا الَّذِي أَنْجُو
“Kiamat tidak akan terjadi sampai sungai Efrat mengering sehingga muncullah gunung emas. Manusia pun saling bunuh untuk memperebutkannya. Dari setiap seratus orang (yang memperebutkannya), terbunuhlah sembilan puluh sembilan orang. Setiap orang dari mereka mengatakan, ‘Mudah-mudahan aku-lah orang yang selamat.’” (HR. Muslim no. 2894)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوشِكُ الْفُرَاتُ أَنْ يَحْسِرَ عَنْ كَنْزٍ مِنْ ذَهَبٍ فَمَنْ حَضَرَهُ فَلَا يَأْخُذْ مِنْهُ شَيْئًا
dari Abu Hurairah mengatakan, Rasulullah ﷺ bersabda, "Tidak lama lagi Eufrat tersingkap perbendaharaan-perbendaharaan emasnya, maka barang siapa mendatanginya, jangan ia mengambilnya sedikitpun." HR. Bukhari 6586

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوشِكُ الْفُرَاتُ أَنْ يَحْسِرَ عَنْ جَبَلٍ مِنْ ذَهَبٍ فَمَنْ حَضَرَهُ فَلَا يَأْخُذْ مِنْهُ شَيْئًا
dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, "Hampir saja Furat mengumpulkan harta simpanan dari emas, barang siapa menghadirinya, jangan mengambil apa pun." HR. Muslim 5452.

Dari kejadian ini, menunjukkan kebenaran sabda nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam telah disampaikan 14 abad silam dan itu terjadi di zaman kita sehingga menambah keyakinan kita akan kebenaran ajaran Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

Semoga kita diselamatkan Allah taala dari fitnah harta, dilindungi dari azab kubur dan azab neraka, semoga kita diberi nikmat husnul khatimah dan dimasukkan ke dalam syurgaNya tanpa singgah dulu ke neraka, amin ya rabbal a'lamin.

Catatan saya
Tidak benar yg dimaksud pada hadist adalah minyak tapi yang benar adalah gunung emas tampak keluar dari dalam tanah pada masa yang akan datang dan hanya Allah taala yang tahu kapan itu terjadi. Untuk penjelasan tentang hadist akan saya rangkum pada artikel berikutnya, in sya allah

Video Diterjemahkan secara bebas dan referensi diambil dari Wikipedia, ensiklopedi kutubut tis'ah dan lainnya

Disusun oleh Atri Yuanda Ibnu Mahyudin Elbariamany
Baca Juga
    kotak infak
    infak pengembangan dakwah online dan markaz tahfidz. transfer ke (451) 7131 9864 61 BSI a/n Atri Yuanda | yuk berteman, langganan artikel dan konfirmasi via WhatsApp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: