Syafaat untuk Penghuni Neraka agar dikeluarkan dari neraka

Syafaat untuk Penghuni Neraka agar dikeluarkan dari neraka

باسم الله، الحمد الله، الصلاة و السلام على رسول الله، أما بعد
Pada artikel ini, Pembahasan syafaat untuk Penduduk neraka. Penduduk neraka terdiri dari kalangan jin dan manusia. di dalamnya di azab pelaku maksiat baik itu muslim yang dosanya lebih banyak ketimbang amal sholehnya dan orang kafir. adapun muslim tidak kekal di neraka, Sedangkan kafir maka dia kekal di neraka.

2 Pembagian Syafaat kepada penduduk neraka

1. Penghuni neraka yang tak jadi diazab
Ada muslim yang mau dimasukkan ke neraka namun tidak jadi dimasukkan ke neraka berkat syafaat seseorang atas izin Allah taala atau rahmat dari Allah arrahman langsung berupa ampunan kepada hambaNya yang DIA kehendaki.

2. Penghuni neraka yang telah di azab
ada juga muslim yang sudah masuk neraka dan telah diazab. rentang waktu ada yang relatif cepat dan lama serta jenis azab berbeda-beda antara satu dengan lainnya. muslim yang bertauhid pasti dikeluarkan dari neraka, ada yang dikeluarkan berkat syafaat atas izin Allah dan ada pula langsung dari Allah taala kepada hamba tersebut yang DIA kehendaki. adapun orang kafir maka kekal dineraka, hanya saja bisa diringankan siksaan mereka dan ini kekhususan nabi muhamad kepada pamannya abu thalib.


setiap muslim harus yakin bahwa mereka yang mati diatas tauhid pasti masuk syurga, hanya saja ada yang singgah ke neraka dahulu dengan rentang waktu berbeda-beda dan siksaan yang beraneka ragam. siksaan tersebut sebagai pembersih dosa mereka.

muslim pelaku dosa yang telah dikeluarkan dari neraka akan dibawah menuju sungai yang dikenal dengan nahrul hayati (sungai kehidupan). siapa yang memasukinya akan kembali hidup sebagaimana benih yang tumbuh terkena aliran air.

Baca juga Ada 3 golongan yang kekal di neraka, Muslim Wajib Tahu  

Macam-macam Syafaat


1. syafaat dari para nabi

2. syafaat dari para malaikat

3. syafaat dari kaum muslimin

4. syafaat dari alquran

5. Rahmat Allah
Seorang Muslim akan menetap dineraka dalam rentang waktu tertentu lalu dikeluarkan oleh Allah taala langsung berkat keutamaan dan rahmatnya kepada penduduk neraka dari kalangan muslim bertauhid hingga Muslim yang terakhir keluar neraka yaitu muslim bertauhid dengan ukuran zharrah imannya.

Nasehat saya terkhususnya kepada diri sendiri
oleh karena itu, hendaklah setiap orang jika mengetahui kebenaran islam agar memeluk islam dan hendaklah setiap kita yang telah beragama islam agar tidak mati melainkan kedalam islam dan perbanyak bekal sebelum ajal menjemput.  

یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ ٱدۡخُلُوا۟ فِی ٱلسِّلۡمِ كَاۤفَّةࣰ وَلَا تَتَّبِعُوا۟ خُطُوَ ٰ⁠تِ ٱلشَّیۡطَـٰنِۚ إِنَّهُۥ لَكُمۡ عَدُوࣱّ مُّبِینࣱ
Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu. QS. Al-Baqarah 208

وَمَن یَبۡتَغِ غَیۡرَ ٱلۡإِسۡلَـٰمِ دِینࣰا فَلَن یُقۡبَلَ مِنۡهُ وَهُوَ فِی ٱلۡـَٔاخِرَةِ مِنَ ٱلۡخَـٰسِرِینَ
Dan barang siapa mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang rugi. QS. Ali 'Imran 85

یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسۡلِمُونَ
Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim. QS. Ali 'Imran 102

Ditulis oleh Atri Yuanda Ibnu Mahyudin Elbariamany
Referensi Bacaan binbaz.org.sa dan lainnya

Tidak ada komentar: