.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Metode belajar agar lebih Efisien di Rumah Qur'an Binaan Atri Yuanda


باسم الله، الحمد الله الصلاة و السلام على رسول الله

Pada artikel singkat ini, saya berbagi pengalaman dalam mengurus rumah quran yang saya asuh dan dibantu juga oleh Ummu Nauroh istri saya. saat ini Rumah Quran yang saya asuh berada dibawah naungan Yayasan Miftahul Jannah, tempat saya mengajar di pagi hari.

Bapak/ibu, saudara/i yang saya cintai karna Allah ta'ala, kita tentu sudah paham bahwa anak-anak yang masih Tingkat SD (sekolah dasar) terutama dari TK hingga tingkat kelas 4 sd, kecendrungan bermainnya lebih besar ketimbang belajar. apalagi jika bertemu teman sebayanya maka maunya bermain. 

Nah, Permasalah Muncul ketika waktu dan guru pengajar terbatas, sedangkan anak didik mulai banyak dan bisa bertambah kapan saja karna tidak ada batas waktu menerima layaknya sekolah dengan sistem kurikulum. dengan keterbatasan tersebut maka membuat metode yang menurut saya cukup efisien.

Disini saya menjelaskan sedikit gambaran pembelajaran di rumah quran yang saya bimbing

Jadwal Mengajar

- 5 hari dalam sepekan (dari hari senin hingga jumat)

- hari jumat khusus belajar bareng semua santri tentang aqidah, fiqh, adab, doa pendek dll yang terkadang dituntut menghafal ( durasinya 1 jam hingga 1,5 jam), anak yang menyelesaikan tugas atau setor hafalan doa dll maka boleh pulang.

- dimulai bada dzhuhur hingga 30 menit sebelum azan ashar
- dimulai bada ashar hingga 30 menit sebelum azan maghrib

adapun diluar waktu tersebut, saya manfaatkan untuk mengajar di pondok pesantren miftahul jannah di purnama dan kegiatan pribadi.

Biaya Pendidikan : Minimal 50.000 rupiah/anak setiap akhir bulan dibayar

ada metode lain pembayaran biaya pendidikan yang diajarkan kakak kelas saya waktu di mahad namun belum saya terapkan. yaitu dengan memasukkan infak harian setiap kali datang mengaji ke kotak yang ditentukan sesuai kemampuan, seperti 5000, 10.000, 100.000 rupiah dan seterusnya.

Metode belajar yang saya terapkan adalah fleksibel yaitu

Tahap pertama
Anak yang datang harus menyelesaikan bacaan wajib mandiri setelah ditentukan sesuai tingkatan oleh ustadz pembimbing. 

ketika santri iqra atau alquran mengalami kesulitan dalam membaca atau tidak tahu maka harus bertanya kepada ustadz. jika ustadznya sibuk membantu yang lain maka sabar atau sambil bertanya kepada santri lain 

seperti, jika anak iqra ada yang tidak tahu atau kesulitan membaca maka bertanya kepada teman yang level iqranya lebih tinggi sedangkan anak yang sudah masuk alquran, jika ada kesulitan maka bertanya kepada teman yang sudah melewati batas tahsinnya untuk membantu temannya. 


Tahapan kedua
- Santri yang telah menyelesaikan bacaan wajib iqra/alquran maka menyimak langsung ke ustadz/ustadzah pembimbing bacaan iqra atau tahsin sesuai batasan yg ditentukan dan berdasarkan kemampuan si anak.

- untuk Al-Qur'an tergantung kemampuan si anak, jika kesulitan maka dibuat selang seling. seperti hari ini untuk tahsin hafalan lalu setor hafalan yg telah di tahsinkan adapun yg sudah lancar Tahsin nya maka setiap pertemuan diharuskan menyelesaikan tahsin wajib dari awal juz lalu dilanjutkan tahsin hafalan dari juz 30. jika dirasa sudah pas maka di setor hafalannya.

anak yang telah menyelesaikan tahapan satu dan dua maka dibolehkan pulang atau menunggu sambil datang jemputan. 

metode ini saya terapkan tujuan nya untuk menimalisir bermain sesama santri dan memotivasi anak untuk fokus menyelesaikan tugas nya.

catatan

- setiap pencapaian anak dari kenaikan level iqra dan hafalan terus di catat untuk melihat perkembangannya

- santri yang lambat dalam memahami atau ada kendala lain maka dikomunikasikan kepada orangtua atau walinya untuk mencari solusi.

- update kegiatan santri di group khusus wali santri di whatsapp

Ditulis oleh Atri yuanda bin mahyudin elbariamany
Baca Juga
    mohon perhatiannya:
    Berapapun Infak anda, sangat membantu kelangsungan dakwah online dan offline yang saya kelola. transfer ke (451) 7131 9864 61 Bank Mandiri Syariah a/n Atri Yuanda | konfirmasi dan saran, chat via whatsapp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: