.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Mengenal Anak-Anak Muhammad Rasulullah shallallahu alahi wa sallam


Bismillah, alhamdulillah wa sholatu wa salam ala rasulillah

sahabat yang saya cintai karna Allah ta'ala, pembahasan artikel ini tentang anak-anak rasulullah shallallahu alahi wa sallam, baik itu anak laki-laki maupun perempuan karena masih ada kita dapati sebagian orang beranggapan bahwa rasulullah yang mulia tidak memiliki anak laki-laki.

jadi yang benar adalah nabi memiliki anak-anak lelaki akan tetapi meninggal di usia yang sangat belia atas kehendak Allah dan ada hikmah besar dibalik itu sehingga muncul anggapan sebagian orang bahwa nabi tidak ada anak lelaki dan ditambah sedikitnya kajian tentang sejarah hidup nabi. adapun anak-anak perempuan nabi tumbuh besar dan menikah. semua anak nabi meninggal sebelum nabi wafat kecuali fatimah yang wafat 6 bulan kemudian menyusul ayahnya menghadap Allah ta'ala.

Sekilas tentang Muhammad Rasulullah

muhammad bin abdillah bin abdil mutholib adalah penutup para nabi dan rasul. lahir di mekkah almukarromah pada tahun gajah, diperkirakan pada tahun 570 masehi. ayahnya meninggal sebelum nabi lahir maka yang menamainya adalah kakeknya abdul mutholib, lalu meninggal ibu nabi ketika itu masih berumur 6 tahun. 

estafet pengasuhan nabi yang telah yatim piatu dilanjutkan oleh kakeknya abdul mutholib, namun hanya berjalan 2 tahun. kakek nabi wafat di usia nabi masih berumur 8 tahun. nabi akhirnya di rawat oleh pamannya abu tholib hingga dewasa. pamannya mengasuh, menemani dan melindungi nabi selama 42 tahun layaknya anak sendiri hingga beliau tutup usia tak lama setelah pemboikotan kafir quraisy selama 3 tahun di tahun ke 10 kenabian. 

nabi sangat sedih atas wafat pamannya abu thalib yang dia cintai, kesedihan itu semakin bertambah karna pamannya menjelang wafat tetap memilih diatas agama nenek moyangnya. ini menunjukkan bahwa hidayah taufik hak mutlak Allah berikan kepada siapa yang Dia Kehendaki.

dimasa muda nabi, beliau bekerja sebagai pengembali kambing bani saad. dahulu ketika nabi masih muda dan belum menjadi nabi, beliau dikenal oleh masyarakat sebagai orang yang jujur dalam berbicara, amanah ketika dititipkan menjaga harta atau lainnya dan terpercaya sehingga digelari sodiqul amin.

dahulu pernah terjadi banjir besar yang menyebabkan bangunan kabah roboh sehingga kafir qurasy berbondong-bondong membangun kabah kembali dengan harta mereka yang halal namun mereka berselisih perihal siapa yang berhak meletakkan batu hajar aswad di tempatnya. lalu mereka bersepakat bahwa orang yang pertama kali masuk ke arah mereka menghadap kabah maka dia yang meletakkan hajar aswad maka atas kehendak Allah ta'ala maka yang masuk adalah rasulullah shallallahu alahi wa salam, mereka pun ridho dan nabi akhirnya yang meletakkan batu hajar aswad di tempatnya.


pernikahan Muhammad shallallahu alahi wa sallam dengan khadijah berawal dari khadijah radhiallahu anha mendengar tentang keamanahannya lalu mengajak kerjasama untuk membawa barang dagangan yang terbaik khadijah ke syam bersama maisyarah (budak laki-laki khadijah). 

setelah pulang dari perjalanan berdagang ke negeri syam, khadijah dapati muhammad membawa keuntungan sangat banyak yang membuat khadijah sangat senang. tak lama  berselang, setelah itu khadijah mengabarkan ke paman-paman nabi untuk menyampaikan ke nabi muhammad untuk menikahinya, pernikahan pun berlangsung ketika itu khadijah berumur 40 tahun dan nabi berumur 25 tahun, dan nabi tidak menikah lagi hingga khadijah radhiallahu anha wafat yang jaraknya berdekatan dengan meninggalnya abu thalib paman nabi sehingga di kenal tahun kesedihan.

untuk tahu berapa mahar nabi kepada khadijah dan istri-istrinya yang lain radhiallahu anhunna, baca juga Fiqh pernikahan : rukun dan syarat pernikahan serta mudhorot nikah sirr

pada umur 40 tahun, nabi mulai mendapatkan wahyu untuk menyampaikan risalah islam untuk mengeluarkan manuslia dari kesyirikan dan perbuatan jahiliyyah menuju cahaya hidayah dan iman. diturunkan alquran alkarim secara bertahap. Allah juga mengokohkan dan menolong nabinya dengan berbagai mukjizat yang banyak, diantaranya: bulan terbelah, mengalirnya air diantara jari-jemarinya, makanan yang sedikit menjadi banyak dan mencukupi dll.

rasulullah memulai dakwahnya di mekkah lalu hijrah ke almadinah (dahulu dikenal yatsrib), perjuangan dakwah selama 23 tahun akhirnya muhammad rasulullah bisa menyatukan suku-suku arab berlandaskan pondasi tauhid dan islam atas rahmad dan karunia Allah ta'ala. menjadikan madinah negeri islam pertama dan pasukan islam pertama di bagian kecial jazirah arab. memberikan keamanan kepada manusia di jazirah arab yang berhasil ditaklukkan atau ikatan perjanjian damai. nabi berhasil membentuk pasukan muslimin yang berkelanjutan estafetnya setelah nabi wafat sehingga kerajaan persia dan romawi, 2 kerajaan raksasa ini runtuh akibat kesombongan mereka sendiri.

rasulullah wafat pada usia 63 tahun di madinah, bertepatan pada tahun 634 masehi.

Berapa Anak Rasulullah

nabi memiliki 7 anak laki-laki dan perempuan, seluruh anak nabi dari rahim khadijah binti khuwailid radhiallahu anha istri pertama nabi kecuali ibrahim, lahir dari mariyah alqibtiyah radhiallahu anha .

berkata al-imam annawawi bahwa rasulullah shallallahu alahi wa salam memiliki 3 anak lelaki menurut perkataan yang paling shahih dan 4 anak perempuan yang tidak ada perselisihan oleh ahli sejarah.

Anak-Anak Rasulullah


1. Al-Qa'shim
anak pertama rasulullah shallallahu alahi wa salam dari istri pertamanya khadijah binti khuwailid, lahir sebelum nabi di utus menjadi rasul dan meninggal sebelum nabi wafat, meninggal masih balita ketika baru bisa berjalan dan belum selesai di sapih selama 2 tahun, dengannya nabi berkuniyah abul qa'shim.

2. Zainab
zainab radhiallahu anha anak kedua nabi dan anak perempuannya yang paling tua/besar namun terdapat khilaf para ulama apakah zainab lebih tua (lahir dahulu) dari alqasim atau lebih muda dari alqasim. zainab lahir 10 tahun sebelum muhammad diutus menjadi rasulullah atau nabi berusia sekitar 30 tahun. zainab termasuk orang yang awal awal masuk islam dan ikut hijrah bersama kaum muslimin ke madinah almunawwaroh. menikah dengan abul ash ibnu arraby'i anak bibi dari saudari ibunya. tetap bersama suaminya hingga pada tahun ke 8 hijriah, zainab wafat pada usia 30 tahun.

3. Ruqayyah
ruqayyah radhiallahu anha anak nabi shallallahu alahi wa sallam yang ketiga dan putri keduanya dari rahim khadijah. lahir di mekkah ketika rasulullah berumur 33 tahun atau 7 tahun sebelum diutus menjadi rasulullah. ruqayyah turut ikut hijrah ke habasyah lalu hijrah ke madinah sehingga digelari oleh nabi dengan zatul hijratain (wanita yang melakukan 2 kali hijrah). 

awalnya menikah dengan utbah bin abi lahab lalu diceraikan dan belum dicampuri karna perintah ayahnya abu lahab untuk menggoyahkan dakwah nabi lalu ruqayyah dinikahkan dengan utsman bin affan radhiallahu anhu sahabat nabi. zainab memiliki anak bernama abdullah hasil pernikahan dengan utsman bin affan yang meninggal masih kecil. dengannya utsman bun affan diberi kuniyah abu abdillah. ruqayyah meninggal di madinah pada tahun terjadinya perang badar, ketika itu berumur 22 tahun dan dikuburkan di baqi.

4. Ummu kultsum
ummu kultsum radhiallahu anha adalah anak ke 4 nabi dan putri ketiganya dari rahim khadijah radhiallahu anha. masuk islam diawal dakwah rasulullah atau dikenal assabiqul alawwalin. dinikahkan dengan adiknya utbah bernama utaibah bin abi lahab. namun belum dicampuri sudah diceraikan karena perintah ayahnya dan sekaligus paman nabi abu lahab untuk menceraikan ummu kultsum. 

ummu kultsum akhirnya dinikahkan dengan utsman bin affan radhiallahu anhu setelah ruqayyah wafat. hidup berumah tangga dengan utsman bin affan yang digelari dzun nurain (pemilik 2 cahaya karena menikahi 2 putri rasulullah). hidup berumah tangga dengan utsman bin affan selama 6 tahun dan tidak memiliki anak. ummu kultsum meninggal sebelum nabi pada tahun ke 9 hijriah.
------------------

kedua putri rasulullah dinikahkan pada masa dakwah sirriyyah (sembunyi sembunyi). ditahun ke 4 menjelang dakwah terang terangan dalam rangka dakwah kepada orang terdekat dengannya salah satunya abu lahab paman nabi,  pertentangan abu lahab terhadap dakwah keponakannya semakin menjadi jadi sehingga kedua putri rasulullah diceraikan abu lahab ditambah dengan turunnya surat allahab membuat abu lahab semakin murka dan berkata kepada kedua anaknya dengan nada ancaman.

رأسي من رأسيكما حرام إن لم تفارقا ابنتي محمد
kepalaku terhadap kepala kalian berdua haram (putus hubungan darah) jika kalian tidak menceraikan 2 anak perempuan muhammad. 

akhirnya utbah dan utaibah menceraikan kedua putri rasulullah masih periode mekkah dan sebelum turunnya surat al mumtahanah ayat 10 dan surat albaqarah ayat 221 tentang larangan menikahkan wanita muslimah dengan pria kafir.

5. Fatimah
fatimah radhiallahu anha anak ke 5 rasulullah dan putri ke 4 dari rahim khadijah. lahir di tahun ke 5 kenabian di mekkah sebelum diutus menjadi rasulullah. ketika itu rasulullah berumur 35 tahun. fatimah dinikahkan dengan ali bin abi thalib radhiallahu anhu anak pamannya yang mengasuhnya sejak kecil. dari pernikahan tersebut, dikaruniai 4 anak : alhasan, alhusein, ummu kultsum dan zainab. fatimah digelari dengan azzahra (yang bersinar) atau albathul (wanita yang meninggalkan kehidupan duniawi untuk beribadah kepada Alla. satu-satunya anak rasulullah yang meninggal setelah wafatnya rasulullah shallallahu alahi wa salam.

6. Abdullah
anak ke 6 nabi alias terakhir dari rahim khadijah dan juga anak kedua nabi dari laki-laki. abdullah di gelari dengan at-thohir wat thoyyib karena lahir setelah nabi diutus menjadi rasulullah. abdullah juga wafat masih kecil, wafatnya abdullah juga berkaitan dengan turunnya surat alkautsar karna kafir quraisy beranggapan nabi adalah orang yang terputus nasabnya lalu Allah taala bantah dengan turunnya surat alkautsar. 


7. Ibrahim
Ibrahim adalah anak laki-laki nabi yang lahir selain dari rahim khadijah, ibunya mariyah binti syama'un al-qibtiyah (qibtiyah artinya orang koptik/mesir). ibrahim lahir pada tahun ke 8 hijriah. kelahiran ibrahim membuat rasulullah sangat bahagia. rasulullah mencukur rambut ibrahim pada hari ke 7 kelahirannya dan menamainya dengan ibrahim serta bersedekah sebanyak berat timbangan rambut ibrahim yang dicukur. takdir Allah yang terbaik, ibrahim meninggal pada saat umurnya masih 18 bulan (masih masa menyapih dengan ibunya). wafatnya ibrahim membuat nabi sangat bersedih namun tetap ridho atas kehendak Allah ta'ala.

referensi bacaan
Baca Juga
    mohon perhatiannya:
    Berapapun Infak anda, sangat membantu kelangsungan dakwah online dan pembebasan lahan markas dakwah wat talim di kota dumai riau. transfer ke (451) 7131 9864 61 Bank Syariah Indonesia (BSI) a/n Atri Yuanda | konfirmasi dan saran, chat via whatsapp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: