.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

apakah kafir lebih baik dari muslim ? | Syeikh Utsman Khamees

apakah kafir lebih baik dari muslim ? | Syeikh Utsman Khamees

Penanya berkata : sebagian orang berkata tatkala melihat orang kafir misalnya berbuat baik kepada orang-orang fakir atau akhlaknya terpuji dll, maka mereka seperti ini lebih baik dari kaum muslimin, bolehkah kita berkata seperti ini atau tidak boleh ? 

Jawaban

Bedakan perbuatan dan orangnya, benar jika perbuatannya terpuji.

Terdapat riwayat dari nabi shallallahu alahi wa salam, mengabarkan tentang raja najasyi di habasyah yang ketika itu masih nasrani, berkata “sesungguhnya dia tidak menzolimi satu orangpun yang ada di negerinya”.

Nabi shallallahu alahi wa sallam memuji perbuatan mulianya tersebut, lalu memerintahkan beberapa shahabat hijrah ke habasyah karna kebaikannya.

Bisa jadi diantara orang kafir ada kebaikan pada diri mereka, sebagaimana sabda nabi

حَدَّثَنِي مُحَمَّدٌ أَخْبَرَنَا عَبْدَةُ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ النَّاسِ أَكْرَمُ قَالَ أَكْرَمُهُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاهُمْ قَالُوا لَيْسَ عَنْ هَذَا نَسْأَلُكَ قَالَ فَأَكْرَمُ النَّاسِ يُوسُفُ نَبِيُّ اللَّهِ ابْنُ نَبِيِّ اللَّهِ ابْنِ نَبِيِّ اللَّهِ ابْنِ خَلِيلِ اللَّهِ قَالُوا لَيْسَ عَنْ هَذَا نَسْأَلُكَ قَالَ فَعَنْ مَعَادِنِ الْعَرَبِ تَسْأَلُونِي قَالُوا نَعَمْ قَالَ فَخِيَارُكُمْ فِي الْجَاهِلِيَّةِ خِيَارُكُمْ فِي الْإِسْلَامِ إِذَا فَقِهُوا تَابَعَهُ أَبُو أُسَامَةَ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ 
Telah menceritakan kepadaku [Muhammad] Telah mengabarkan kepada kami ['Abdah] dari ['Ubaidillah] dari [Sa'id bin Abu Sa'id] dari [Abu Hurairah radliallahu 'anhu] dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ditanya; "Siapakah menusia yang paling mulia?" Beliau bersabda: "Orang yang paling bertaqwa dari mereka." para sahabat berkata; "Bukan itu yang kami tanyakan?" beliau bersabda: "Jika bukan, berarti Yusuf Nabi Allah putra Nabi Allah (Ya'qub) putra Nabi Allah (Ishaq) putra Ibrahim kekasih Allah, " para sahabat berkata; "Bukan itu yang kami tanyakan, " beliau bersabda: "Apakah tentang bangsa Arab yang kalian tanyakan?, mereka menjawab; 'Ya.' Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: orang yang paling baik dari mereka dimasa jahiliyyah adalah orang yang paling baik dimasa Islam, jika mereka paham Islam." Demikian juga diriwayatkan oleh [Abu Usamah] dari [Ubaidullah]. HR. Bukhari 4321

Akan tetapi ini berkaitan tentang perbuatan tertentu yang berlaku, adapun dalam hal iman dan kekafiran maka tidak diragukan bahwa iman (mentauhidkan Allah) adalah amal yang paling agung dari semua amal kebaikan apapun.

Dari sisi perbuatan terpuji tertentu maka boleh berkata si fulan kafir lebih baik daripada sifulan muslim (bersikap adil) namun tidak boleh pukul rata bahwa si kafir lebih baik dari kaum muslimin (karena amal tanpa tauhid maka sia-sia)


Diterjemahkan oleh Atri yuanda bin mahyudin
referensi hadist carihadis.com

Baca Juga
    mohon perhatiannya:
    Berapapun Infak anda, sangat membantu kelangsungan dakwah online dan pembebasan lahan markas dakwah wat talim di kota dumai riau. transfer ke (451) 7131 9864 61 Bank Syariah Indonesia (BSI) a/n Atri Yuanda | konfirmasi dan saran, chat via whatsapp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: