5 Kaedah dalam mengingkari kemunkaran (nahi munkar)

Kaedah dalam mengingkari kemungkaran

1. tidaklah dilakukan pengingkaran terhadap kemunkaran tersebut melainkan tidak berpotensi  jatuh kepada kerusakan yang lebih parah dari 2 kerusakan.

dan diantara dalil mengenai kaedah ini sebagaimana perkataan Allah ta'ala

يَسْأَلونَكَ عَنِ الشَّهْرِ الْحَرَامِ قِتَالٍ فِيهِ قُلْ قِتَالٌ فِيهِ كَبِيرٌ وَصَدٌّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَكُفْرٌ بِهِ وَالْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَإِخْرَاجُ أَهْلِهِ مِنْهُ أَكْبَرُ عِنْدَ اللَّهِ وَالْفِتْنَةُ أَكْبَرُ مِنَ الْقَتْلِ
Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang berperang pada bulan haram. Katakanlah, “Berperang dalam bulan itu adalah (dosa) besar. Tetapi menghalangi (orang) dari jalan Allah, ingkar kepada-Nya, (menghalangi orang masuk) Masjidilharam, dan mengusir penduduk dari sekitarnya, lebih besar (dosanya) dalam pandangan Allah. Sedangkan fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. QS. Al-Baqoroh. 217

sisi pendalilan: walau membunuh jiwa terdapat kerusakan maka fitnah (kerusakan/gangguan) yang dapat mengakibatkan kekufuran dan menampakkan permusuhan (menghalangi orang dari jalan Allah,  menghalangi kaum muslimin masuk masjidil haram, mengusir penduduknya dll) maka ini lebih parah kerusakan yang ditimbulkan. maka menghalangi yang paling besar kerusakan dari 2 kerusakan hendaklah memilih yang paling kecil mudhorotnya.

berkata penulis kitab adhwa'ul bayan: boleh mengingkari kemunkaran dengan syarat tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah dari kerusakan tersebut sebagaimana telah disepakai kaum muslimin terhadap melakukan tindakan yang lebih kecil mudhorotnya dari 2 mudhorot.

tidak boleh mengingkari kemunkaran sampai telah yakin bahwasanya tidak akan berpindah kepada kerusakan yang lebih parah

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ أَعْرَابِيًّا بَالَ فِي الْمَسْجِدِ، فَقَامَ إِلَيْهِ بَعْضُ الْقَوْمِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " دَعُوهُ وَلَا تُزْرِمُوهُ ". قَالَ : فَلَمَّا فَرَغَ دَعَا بِدَلْوٍ مِنْ مَاءٍ، فَصَبَّهُ عَلَيْهِ. متفق عليه
dari anas bahwasanya arab badui kencing di masjid, maka berdiri sebagian sahabat mendekatinya, maka Rasulullah shallallahu alahi wa salam berkata: biarkan dia dan jangan kalian tahan dia kencing ( berpotensi najis tersebar kemana-mana). berkata : setelah selesai dari kencing, nabi mengambil satu gayung air dan menyiramkannya ke tempat arab badui tersebut kencing. HR. Muttafaqun alahi.

dalil ini menunjukkan dibolehkan mengakhirkan tindakan pengingkaran kemunkaran untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

telah berkata syaikh utsaimin rahimahullah: 

mengakhirkan pengingkaran kemunkaran kadang bisa masuk kepada bab menggunakan hikmah dalam dakwah kepada Allah, maka bisa jadi pria yang melakukan pengingkaran kemunkaran memandang tidak pas melakukan pengingkaran pada waktu tersebut. akan tetapi aku akan menahan diri melakukan pengingkaran dan akan mendakwahinya kepada kebenaran pada waktu yang paling cocok, dan ini hakikat cara yang benar. 

sesungguhnya agama ini sebagaimana kita tahu semuanya, dimulai tahap bertahap. ketika para sahabat telah mengambil keputusan atas apa yang dahulu mereka lakukan pada tahapan akhir diharamkan dalam rangka melihat maslahat, seperti minuman keras yang telah Allah ta'ala jelaskan kepada hambanya bahwa di dalamnya terdapat dosa besar dan manfaat kepada manusia, namun dosanya lebih besar dari manfaatnya. manusia pada saat itu tetap pada keadaan mereka (bertahap sudah mau menerima) yang pada akhirnya pada sudah pas maka turunlah ayat pengharaman secara mutlak.

maka jika seseorang melihat ada maslahat, dia tidak akan mendakwahi si fulan pada waktu itu atau di tempat tersebut, dia akan meng-akhirkan dakwah pada waktu lain atau di tempat lain dikarenakan dia melihat lebih tepat atau lebih banyak memberi manfaat, maka ini tidak apa-apa.

(dari kitab as-shohwatul islamiyyah, dhowabithun wa tauhiha't)

berkata syaikhul islam: dan barangsiapa mengingkari kemunkaran atas landasan dugaan/prasangka maka dia telah membuat kerusakan, dan sesungguhnya dia berbuat berdosa hingga dia benar-benar yakin bahwa pengingkaran tersebut menghilangkan kemunkaran kepada yang lebih baik.

dan berkata ibnu taimiyah : tidak boleh mengingkari kemunkaran jika berdampak semakin membesar kemunkaran tersebut.

oleh karna itu diharamkan keluar dari ketaatan kepada pemimpin dengan pedang (senjata) untuk ditegakkannya amar ma'ruf nahi munkar, karna melakukan perbuatan tersebut adalah haram dan telah meninggalkan kewajiban, perkara ini lebih berat dosanya dari perbuatan pelaku kemunkaran dan dosa

contoh : seumpamanya kamu mendatangi sekelompok orang yang sedang bermain permainan haram atau sibuk dengan buku-buku lawakan (lucu, komik dll), maka jika kamu bertindak untuk melarang merka maka hendaklah memperhatikan keadaan (kemungkinan) dibawah ini

1. kemunkaran malah semakin parah maka ini haram secara ijma

maksudnya: meninggalkan membaca buku lawakan kepada menelpon wanita secara langsung atau bertemu wanita langsung atau yang sejenisnya, maka ini menimbulkan kemunkaran yang lebih parah, maka membiarkannya pada kondisi awal, itu lebih kecil mudhorotnya dalam syariat daripada berpindah kepada kemunkaran kedua yang lebih parah.

2. menghilang kemunkaran tersebut yang baik bagi dirinya dan agamanya, maka ini wajib dilakukan pengingkaran.

3. berpindah kepada kemunkaran yang lain dengan mudhorot yang sama maka ini masuk ranah ijtihad

4. berpindah kepada kemunkaran yang lain

2. tidak mengingkari kemunkaran dengan cara yang munkar (dilarang)

harus bagi pelaku nahi munkar mengetahui hakikat pengingkaran, dan memilih cara yang paling baik untuk mengurangi/menghilangi kemunkaran, dan kecuali pengingkaran memang dibutuhkan tindakan pengingkaran. dalam hal ini kita dapati ibnu taimiyah berkata: dan sikap lembut/sejuk cara melarang kemunkaran dan disini dikatakan: hendaklah kamu ketika melakukan amar ma'ruf dan nahi munkar tidak dengan cara yang munkar)

3. melakukan nahi munkar dengan cara yang di syariatkan: hendaklah pelaku nahi munkar seorang yang alim, lembut, sabar, punya tujuan baik dan mengikuti prosedur yang dibenarkan.

4. hendaklah maslahat yang dicapai jelas tanpa menimbulkan kerusakanamar ma'ruf dan nahi munkar termasuk kewajiban yang afdhol maka harus jelas menimbulkan maslahat daripada kerusakan, maka jika kerusakan malah lebih besar daripada maslahat dalam pengingkarannya, ini tidak masuk dalam perintah Allah untuk dilakukan, dan bahkan meninggalkan kemunkaran menjadi wajib dan bertindak mengingkari diharamkan, oleh karnanya seorang mukmin hendaklah bertakwa kepada Allah, tidak ada kemampuan untuk memberi hidayah (taufik) kepada mereka pelaku kemunkaran, hal ini selaras dengan perkataan Allah ta'ala

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا عَلَيْكُمْ أَنْفُسَكُمْ لا يَضُرُّكُمْ مَنْ ضَلَّ إِذَا اهْتَدَيْتُمْ
wahai orang-orang beriman! jagalah dirimu; (karena) orang sesat itu tidak akan membahayakanmu apabila kamu telah mendapatkan hidayah. QS. Al-Imran: 105

perkataan Allah ta'ala (عَلَيْكُمْ أَنْفُسَكُمْ): maknanya jagalah dirimu dari kemaksiatan. tafsir al-qurthubi

5. ilmu syarat-syarat yang harus dipenuhi pelaku nahi munkar

ibnu taimiyah telah meletakkan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku nahi munkar yang selayaknya memenuhi ciri-ciri tersebut sebelum ikut andil dalam kewajiban ini, diantaranya

1. bertaqwa
2. berilmu dan paham tentang hakikat kemunkaran
3. bersikap lembut/santun/ramah kepada manusia
4. sabar dan toleransi/pengertian

diterjemahkan dengan gaya bahasa sendiri oleh Atri Yuanda el-pariamany
sumber lain artikel https://www.alukah.net/sharia/0/78026/

القواعد في انكار المنكر

1. أن لا يؤدي إنكار المنكر إلى ارتكاب أعظم الضررين:

ومن الشواهد على هذا الضابط قوله تعالى﴿ يَسْأَلونَكَ عَنِ الشَّهْرِ الْحَرَامِ قِتَالٍ فِيهِ قُلْ قِتَالٌ فِيهِ كَبِيرٌ وَصَدٌّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَكُفْرٌ بِهِ وَالْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَإِخْرَاجُ أَهْلِهِ مِنْهُ أَكْبَرُ عِنْدَ اللَّهِ وَالْفِتْنَةُ أَكْبَرُ مِنَ الْقَتْلِ ﴾

وجه الدلالة: وإن كان قتل النفوس فيه شر، فالفتنة الحاصلة بالكفر وظهور أهله أعظم من ذلك، فيدفع أعظم الفسادين بالتزام أدناهما.

قال صاحب أضواء البيان: (يشترط في جواز الأمر بالمعروف أن لا يؤدي إلى مفسدة أعظم من ذلك المنكر لإجماع المسلمين على ارتكاب أخف الضررين)

لا يجوز إنكار منكر حتى تتيقن أنه لن ينتقل المنكر عليه إلى منكر أشد منه،

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ أَعْرَابِيًّا بَالَ فِي الْمَسْجِدِ، فَقَامَ إِلَيْهِ بَعْضُ الْقَوْمِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " دَعُوهُ وَلَا تُزْرِمُوهُ ". قَالَ : فَلَمَّا فَرَغَ دَعَا بِدَلْوٍ مِنْ مَاءٍ، فَصَبَّهُ عَلَيْهِ. متفق عليه

فيه جواز تاخير انكار المنكر لدفع الضرر الأكبر

قال الشيخ ابن عثيمين: تأخير إنكار المنكر قد يكون من باب استعمال الحكمة في الدعوة إلى الله، فقد يكون هذا الرجل الفاعل للمنكر لا يناسب أن ننكر عليه في هذا الوقت بالذات، لكن سأحتفظ لنفسي بحق الإنكار عليه، ودعوته إلى الحق في وقت يكون أنسب، وهذا في الحقيقة طريق صحيح، فإن هذا الدين -كما نعلم جميعا- بدأ بالتدرج شيئًا فشيئًا، فأقر الناس على ما كانوا يفعلونه من أمور كانت في النهاية حرامًا من أجل المصلحة، فهذه الخمر مثلًا بين الله تعالى لعباده أن فيها إثمًا كبيرًا ومنافع للناس، وأن إثمها أكبر من نفعها، وبقي الناس عليها حتى نزلت آخر آية فيها تحرمها بتاتا، فإذا رأى إنسان من المصلحة أن لا يدعو هذا الرجل في هذا الوقت، أو في هذا المكان، ويؤخر دعوته في وقت آخر، أو في مكان آخر؛ لأنه يرى أن ذلك أصلح أو أنفع، فهذا لا بأس به. اهـ. (من كتاب الصحوة الإسلامية، ضوابط وتوجيهات).

قال شيخ الإسلام: ومن أنكر ظانا أنه ينتقل، فإنه يأثم، حتى يتيقن أن إنكاره سينقل المنكر عليه إلى ما هو أفضل.

قال ابن تيمية: (لا يجوز إنكار المنكر بما هو أنكر منه

ولهذا حرم الخروج على ولاة الأمر بالسيف؛ لأجل الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر؛ لأن ما يحصل بذلك من فعل المحرمات وترك واجب أعظم مما يحصل بفعلهم المنكر والذنوب)

فقال مثلا: لو أتيت إلى أناس يلعبون لعبا محرما، أو يشتغلون بكتب مجون، فإن أنكرت عليهم ذلك، فإنه يكتنفه أحوال:

الأول: أن ينتقلوا من هذا المنكر إلى ما هو أنكر منه، فهذا حرام بالإجماع

يعني: يخرج من لهوه بالكتب إلى الاتصال بالنساء مباشرة، أو إلى رؤية النساء مباشرة، أو ما أشبه ذلك، فهذا منكر أشد منه، فبقاؤه على الأول أقل خطرا في الشريعة من انتقاله إلى المنكر الثاني.

الحال الثانية: أن ينتقل إلى ما هو خير ودين، فهذا هو الذي يجب معه الإنكار.

والثالث: أن ينتقل منه إلى منكر يساويه، فهذا محل اجتهاد.

والرابع: أن ينتقل منه إلى منكر آخر .أهـ

2. أن لا يكون إنكار المنكر بطريقة منكرة.

لابد للمنكِرِ أن يكون عارفا بحقيقة المنكر، ويختار أحسن الطرق في إزالته، وإلا كان إنكاره يحتاج إلى إنكار

وفي هذا نجد ابن تيمية يقول: (والرفق سبيل النهي عن المنكر ولهذا قيل: ليكن أمرك بالمعروف بمعروف ونهيك عن المنكر غير منكر)

3. أن يقوم بالإنكار على الوجه المشروع:
بأن يكون المنكر عالماً، رفيقاً، صابراً، حسن القصد وأن يسلك السبيل السويِّ

4. أن تكون المصلحة فيه راجحة على المفسدة.

الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر من أعظم الواجبات فلا بد أن تكون المصلحة فيهما راجحة على المفسدة،

فحيث كانت مفسدة النهي عن المنكر أعظم من مصلحته، لم يكن مما أمر الله به، وإن كان قد ترك واجباً وفعل محرماً،

إذ المؤمن عليه أن يتقي الله في عباد الله وليس عليه هداهم وهذا من معنى قوله تعالى

﴿ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا عَلَيْكُمْ أَنْفُسَكُمْ لا يَضُرُّكُمْ مَنْ ضَلَّ إِذَا اهْتَدَيْتُمْ ﴾[22]

قَوْلُهُ تَعَالَى: ﴿عَلَيْكُمْ أَنْفُسَكُمْ﴾ مَعْنَاهُ احْفَظُوا أَنْفُسَكُمْ مِنَ الْمَعَاصِي. تفسير القرطبي

5. العلم بشروط منكِر المنكر

وضع ابن تيمية لإنكار المنكر شروطا، ينبغي أن يتحلى بها القائم بهذا الواجب وهي:

1- التقوى.
2- العلم والفقه بحقيقة المنكر.
3- الرفق بالعباد.
4- الصبر والحلم.

Tidak ada komentar: