Hukum Merayakan (haul) hari ibu | Fatwa syeikh Utsaimin Rahimahullah

سُئــــلَ فَضيِـلَــة الشيــخ ابـن عثيميــن رحمـه الله : نحن كل سنة يقام عيد خاص يسمى عيد الأم وهو في الحادي والعشرين من آذار يحتفل فيه جميع الناس فهل هذا حرام أو حلال ، وعليه الاحتفال به أم لا، وتقديم الهدايا ، أفيدونا بذلك مشكورين؟
fadhilatus syaikh ibnu utsaimin rahimahullah pernah ditanya : kami setiap tahun diadakan perayaan khusus yang dinamai dengan hari ibu pada tanggal 21 di bulan a'za'r (bulan ketiga kalender syamsyiyah, dikenal di sekitar wilayah irak dan syam, https://ar.wikipedia.org) pada hari itu mereka merayakannya, apakah ini haram atau halal, apakah ini perlu dirayakan atau tidak, memberikan hadiah, beri kami faedah pada perkara ini, terima kasih.
فَأجَـــــابَ بقـــــوله:
الجواب على ذلك أن كل الأعياد التي تخالف الأعياد الشرعية
← كلها أعياد بدع حادثة
← ما كانت معروفة في عهد السلف الصالح
←وربما يكون منشؤها من غير المسلمين أيضاً
maka beliau menjawab dengan mengatakan :

jawaban atas pertanyaan tersebut, bahwa semua perayaan yang menyelisihi perayaan yang sudah disyariatkan
- semuanya perayaan yang bidah yang diada-adakan
- tidak diketahi ada dilakukan pada masa shalafus sholeh
- dan kemungkinan perayaan ini dibuat oleh selain kaum muslimin

Hukum Merayakan (haul) hari ibu

فيكون فيها مع البدعة مشابهة أعداء الله سبحانه وتعالى، والأعياد الشرعية معروفة عند أهل الإسلام، وهي عيد الفطر، وعيد الأضحى، وعيد الأسبوع " يوم الجمعة "، وليس في الإسلام أعياد سوى هذه الأعياد الثلاثة. وكل أعياد وجدت بعد ذلك، أو كل أعياد أحدثت سوى ذلك، فإنها مردودة على محدثيها وباطلة في شريعة الله سبحانه وتعالى
maka ini bidah meniru musuh Allah subhanahu wa ta'ala adapun perayaan yang dikenal dan disyariatkan dalam islam yaitu idul fitri, idul adha dan idul usbu'a "hari jumat", dan tidak ada perayaan dalam islam kecuali hanya 3 perayaan ini saja. dan setiap perayaan yang ada setelah itu atau setiap perayaan yang baru selain itu maka sesungguhnya tertolak dan bathil menyelisihi syariat Allah subhanahu wa ta'ala.

لقول النبي صلى الله عليه وسلم: «من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد»، أي: مردود عليه، غير مقبول عند الله. وفي لفظ: «من عمل عملاً ليس عليه أمرنا فهو رد».
sebagimana sabda nabi shallallahu alahi wa salam: <<barangsiapa membuat perkara baru pada urusan kami (syariat islam) yang tidak ada perintahnya maka tertolak>> yaitu tidak diterima Allah. dan pada lafadz lainnya <<barangsiapa melakukan amalan yang tidak kami perintahkan maka amalan tersebut tertolak>>.

وإذا تبين ذلك فإنه لا يجوز العيد الذي ذكرته السائلة《والتي سمته عيد الأم》لا يجوز فيه إحداث شيء من شعائر العيد، كإظهار الفرح والسرور، وتقديم الهدايا، وما أشبه ذلك،
dan jika sudah jelas akan hal ini maka sesungguhnya tidak boleh dirayakan sebagaimana disampaikan oleh penanya <<dan dinamakan dengan hari ibu>> tidak boleh membuat perkara baru dari syiar perayaan seperti menampakkan bahagia senang, memberi hadiah dan lain sebagainya.

والواجب على المسلم أن يعتز بدينه، ويفتخر به، وأن يقتصر على ما حده الله ورسوله في هذا الدين القيم الذي ارتضاه الله تعالى لعباده، فلا يزيد فيه، ولا ينقص منه،
dan wajib bagi setiap muslim berpegang teguh kepada agamanya dan bangga dengan syariat agamanya serta mencukupkan diri dengan apa yang sudah ditetapkan Allah dan rasulnya pada agama agung ini yang mana Allah telah ridho kepada hamba-hambanya, maka janganlah ditambah-tambah dan dikurangi syariatnya.

والذي ينبغي للمسلم أيضاً أن لا يكون إمعة يتبع كلما رأى، بل ينبغي أن تكون شخصيته بمقتضى شريعة الله سبحانه وتعالى، حتى يكون متبوعاً لا تابعاً، وحتى يكون أسوة لا متأسياً، لأن شريعة الله - والحمد لله - كاملة من جميع الوجوه، كما قال الله تعالى: ﴿اليوم أكملت لكم دينكم وأتممت عليكم نعمتي ورضيت لكم الإسلام ديناً﴾
dan selayaknya setiap muslim juga untuk tidak terlalu diikuti (ngekor) setiap apa yang dilihat, akan tetapi sepantasnya menjadikan prinsip hidup menyelaraskan diri dengan apa yang ditetapkan dalam syariat Allah subhanahu wa taala untuk diikuti bukan Pengikut (trend yang menyimpang) dan menjadikan tauladan bukan (mereka) yang dijadikan tauldan. karena syariat Allah, alhamdulillah kompleks (sempurna) dari segal sisi, sebagaimana allah ta'ala katakan : (hari ini telah aku sempurnakan agama kalian dan aku telah cukupkan nikmatku kepada kalian dan aku ridho islam sebagai agama kalian. QS. al-maidah: 3)

والأم أحق مِن أن يحتفل بها يوماً واحداً في السنة، بل الأم لها الحق على أولادها أن يرعوها، وأن يعتنوا بها، وأن يقوموا بطاعتها في غير معصية الله عز وجل في كل زمان وفي كل مكان.
dan ibu lebih berhak dimuliakan daripada merayakan untuknya sehari dalam setahun saja, seharusnya seorang ibu mendapatkan hak pelayanan dari anak-anaknya, di sayangi, mentaatinya selama tidak memaksiati Allah azza wa jalla dilakukan kapanpun dan dimanapun.

المصدر ⦅ سلسلة فتاوى نور على الدرب > الشريط رقم [142]
sumber : silsilah fatawa nur alad darbi, rekaman sua no 142

diterjemahkan oleh Atri Yuanda Elpariamany

Tidak ada komentar: