Besarnya ganjaran Pahala Puasa

في صحيح مسلم: (كل عمل ابن آدم يضاعف، الحسنة عشر أمثالها إلى سبعمائة ضعف، قال الله عز وجل: إلا الصوم، فإنه لي وأنا أجزي به، يدع شهوته وطعامه من أجلي)
Dalam shahih muslim disebutkan : setiap amal (shalih) yang dilakukan keturunan nabi adam dilipat gandakan Allah, satu kebaikan dibalas 10 kali lipat hingga 700 kali lipat, Allah azza wa jalla berkata: kecuali puasa sesungguhnya itu untukku dan aku sendiri yang membalas untuknya, hamba tersebut meninggalkan syahwat dan makannya karna untukku

قوله: (وأنا أجزي به)، بيان لكثرة ثوابه، لأن الكريم إذا أخبر بأنه يتولى بنفسه الجزاء اقتضى عظمته وسعته.
dan perkataannya (وأنا أجزي به), ini menjelaskan akan banyaknya ganjaran pahala, karena Allah yang maha pemurah jika memberi tahu bahwasanya DIA sendiri yang memberi ganjaran, ini menunjukkan kebesaran dan keluasan ganjaran puasa.

Besarnya ganjaran Pahala Puasa

وقد أكثروا في معنى قوله: (الصوم لي وأنا أجزي به)، وملخصه: أن الصوم لا يقع فيه الرياء، ويؤيده ما رواه الزهري مرسلا. قوله صلى الله عليه وسلم: (ليس في الصوم رياء)، قال الزهري: وذلك لأن الأعمال لا تكون إلا بالحركات، إلا الصوم فإنما هو بالنية التي تخفى على الناس.
dan telah banyak disebutkan para ulama tentang arti dari perkataannya (الصوم لي وأنا أجزي به), dan kesimpulannya adalah bahwa puasa yang dimaksud tidak ada didalamnya unsur riya, hal ini sebagaimana dikuatkan dari perkataan Rasulullah shallallahu alahi wa salam : puasa yang di dalamnya terdapat riya, berkata azzuhri: dan selain itu dikarenakan amal amal tidaklah dilakukan kecuali disertai dengan gerakan-gerakan kecuali puasa, yang mana puasa hanya niat yang tidak terlihat oleh manusia.

وقال القرطبي: معناه أن الله منفرد بعلم مقدار ثواب الصوم وتضعيفه، بخلاف غيره من العبادات، فقد يطلع عليها بعض الناس، ويشهد لذلك ما روى في الموطأ: (تضاعف الحسنة بعشر أمثالها إلى سبعمائة ضعف إلى ما شاء الله، قال الله: إلا الصوم فإنه لي وأنا أجزي به).
dan berkata alqurtubi: artinya bahwasanya hanya Allah sendiri yang mengetahui kadar pahala puasa dan kelipatannya, puasa berbeda dengan amalan ibadah lainnya, yang mana sebagian orang mengetahui. dan sebagaimana ditegaskan pula dalam riwayat di kitab almuwatta: dilipat gandakan satu amal kebaikan menjadi 10 kali lipat hingga 700 kali lipat hingga sebanyak yang Allah kehendaki, Allah berkata kecuali puasa maka sesungguhnya untukku dan aku sendiri yang akan membalas untuknya

أي: أجازي به عليه جزاء كثيرا من غير تعيين لمقداره، وهذا كقوله: {إنما يوفى الصابرون أجرهم بغير حساب}
artinya: Aku membalas ganjaran pahala untuknya yaitu pahala yang banyaknya tidak bisa diketahui takarannya kecuali Allah saja. sebagaimana perkataannya: sesungguhnya orang-orang yang sabar disempurnakan pahala mereka tanpa terbatas (QS. zumar: 10)

قال العيني معلقاً: هذا كلام حسن. (عمدة القاري 259/10)
berkata alaini turut berkomentar: ini perkataan yang benar (umdatul qha'ri 10/259)

Diterjemahkan Oleh Atri Yuanda Elpariamany

Tidak ada komentar: