Bolehkah open donasi untuk buka puasa terutama di bulan ramadhan ?


Pertanyaan:
ibu hamid dari kota alhautah (jaraknya sekitar 155 km dari kota riyadh arab saudi); ibu ini berkata: sebagian yayasan mengadakan amal kebaikan mengajak kaum muslimin berinfak untuk persiapan pengadaan buka puasa untuk fakir dari kalangan kaum muslimin pada bulan ramadhan. maka apakah open donasi yang dilakukan pihak yayasan, mereka juga akan memperoleh pahala puasa orang yang berbuka ? atau harus perorangan yang menyerahkan menu buka puasa kepada yang berpuasa ?

jawaban: jika seorang muslim berdonasi untuk buka puasa maka dia mendapatkan pahala, dan itu termasuk sedekah, baik itu dilakukan dia sendiri atau melalui perantara orang yang dia pandang dapat dipercaya atau dari komunitas (seperti yayasan) yang amanah dan terpercaya.

kumpulan fatwa dan tulisan syeikh bin baz 15/323
translite by atri yuanda

kesimpulan
dibolehkan menyalurkan menu buka puasa langsung kepada orang yang berpuasa dan boleh juga melalui perantara orang lain atau melalui komunitas atau yayasan yang amanah dan dipercaya dapat  menyalurkan donasi untuk membuat menu buka puasa dan menyerahkan kepada mereka yang berpuasa. allahu alam.
_____________________________________ 

مجموع الفتاوى التبرع لإفطار الصائمين

التبرع لإفطار الصائمين
السؤال: أم حامد من الحوطة تقول: تقوم بعض المؤسسات الخيرية بجمع التبرعات من المسلمين لإعداد مشاريع إفطار للفقراء من المسلمين في شهر رمضان، فهل من يتبرع لهذه المؤسسات يكون أجر الإفطار قد حصل له؟ أم لابد من قيام الشخص بتقديم الإفطار بنفسه؟ 

الجواب: إذا تبرع المسلم لإفطار الصوّام، فهو مأجور، وذلك من الصدقة سواء كان ذلك بنفسه أو بمن يراه من الثقاة أو من الجمعيات الموثوقة[1]. 

نشر في (مجلة الدعوة) العدد 1671 بتاريخ 21/8/1419هـ، (مجموع فتاوى ومقالات الشيخ ابن باز 15/ 323).

Tidak ada komentar: