kenapa detik-detik sakaratul maut minta bersedekah bukan sholat, umroh, hadir kajian dll ?

karna seperti sholat harus wudhu dan makan waktu sedangkan sedekah ibadah yg paling mudah dikerjakan, tidak butuh banyak waktu sehingga tinggal memerintahkan ahli waris untuk dilakukan.

namun berat dilakukan oleh orang yg cinta harta. boleh disedekahkan dijalan Allah ketika berwasiat maksimal 1/3 harta.

menafkahi hingga menggauli istri juga sedekah.

{ یَسۡـَٔلُونَكَ مَاذَا یُنفِقُونَۖ قُلۡ مَاۤ أَنفَقۡتُم مِّنۡ خَیۡرࣲ فَلِلۡوَ ٰ⁠لِدَیۡنِ وَٱلۡأَقۡرَبِینَ وَٱلۡیَتَـٰمَىٰ وَٱلۡمَسَـٰكِینِ وَٱبۡنِ ٱلسَّبِیلِۗ وَمَا تَفۡعَلُوا۟ مِنۡ خَیۡرࣲ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِیمࣱ }
Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang apa yang harus mereka infakkan. Katakanlah, "Harta apa saja yang kamu infakkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin dan orang yang dalam perjalanan." Dan kebaikan apa saja yang kamu kerjakan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui. [Surat Al-Baqarah: 215]

bekerja di tempat ribawi, bersedekah dari harta tersebut diterimakah ?

perhatikan harta yg kita sedekahkan, diterima atau tidaknya

إن الله طيب لا يقبل إلا طيبا
Sesungguhnya Allah itu baik dan.hanua menerima yang baik-baik saja.

ada orang yg bersedekah dan dicatat di akhirat namun tidak bernilai karna berasal dari hasil riba, zina, zolimi hak orang lain dan sumber haram lainnya.

harta haram yg dikeluarkan niatkan untuk berlepas diri dari harta tersebut, jika bisa diserahkan kepada orang yg dizolimi maka serahkan, bukan tujuan sedekah.

catatan pribadi dari dauroh Ustadz Dr. Syafiq Basalamah, di Masjid Raudatul Jannah Pekanbaru dengan judul Mau Dibuat Apa ?

Tidak ada komentar: