.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Selayang Pandang Program Pendidikan TPQ Miftahul Jannah Jayamukti dan Bukit Batrem Dumai Riau

Taman Pendidikan Al-Quran
Miftahul Jannah Jayamukti dan Bukit Batrem
Izin kemenag: No Statistik TPQ 411214720123

bismillah sholatu wa salam ala rasulullillah, bapak-ibu yang saya cintai karna Allah taala, disini saya lampirkan hal-hal yang berkaitan TPQ Miftahul Jannah Jayamukti dan bukit batrem

Visi
“Memberantas buta huruf hijaiyah dan Mewujudkan generasi penghafal alquran yang berakhlak mulia, beraqidah salimah dan beramal sesuai tuntunan rasulullah ﷺ”

Misi
  • berikut upaya mencapai visi tersebut;
  • Belajar iqra bagi anak yang belum bisa membaca alquran
  • Talaqi juz amma
  • Tahsin bacaan alquran sesuai kaedah tajwid
  • Hafal alquran minimal 1 juz/tahun bagi anak
  • Hafal doa dan zikir pilihan hiznul muslim
  • Memahami aqidah yang salimah dan beribadah sesuai sunnah nabi ﷺ
berikut beberapa point yang perlu kita perhatikan bersama.

1. mari kita tingkatkan kualitas ketaqwaan kita kepada Allah taala yg telah memberikan banyak nikmat. karna hanya ketaqwaan bekal yg bisa kita bawa ke akhirat kelak.

2. jagalah kemurnian tauhid, karna itulah kunci masuk syurga.

3. jagalah shalat 5 waktu, karna itu amalan yg pertama kali di hisab.

4. beramallah sesuai tuntunan Rasulullah shalallahu alaihi wa salam.

5. berbaktilah kepada orangtua yg telah mengasuh kita sejak dalam kandungan hingga hari ini.

6. sebaik-baik tauladan adalah orangtua maka hendaklah orangtua turut menjaga shalat 5 waktu, berhijab, membaca alquran, berusaha melakukan ketaatan semampunya dan meninggalkan yang dilarang serta berusaha meninggalkan hal-hal yang dapat menyia-yiakan waktu dan kesehatan badan.

baca juga 
RQ Miftahul Jannah jayamukti kota Dumai menerima Sedekah Jumat dan wakaf

7. Mari saling mendoakan dan menasehati dalam kebaikan.

8. kami sangat senang , Jika bapak/ibu mengundang kami ke rumah ibu atau datang bertamu ke rumah kami agar saling kenal dan merajut ukhuwah islamiyah.

9. ketika kita bertamu ke rumah orang maka diantara adabnya adalah bersikap ramah, sopan, bertutur kata baik serta pamit ketika hendak pulang.

10. masa terbaik menghafal dan belajar adalah ketika kecil maka motivasi dan dorong anak untuk bersabar dalam menghafal dan belajar agama islam sesuai pemahaman shalafus sholeh.

11. Tuntutan dari mengaji adalah bukan hanya bisa membaca alquran dan hafal, tapi lebih dari itu yaitu mengamalkan isi alquran yang memerintahkan taat kepada Allah taala dan rasulNya, berbakti kepada orangtua, menghormati yang lebih tua, menyayangi yang lebih muda dan lain sebagainya.

12. anak adalah titipan Allah taala yg kelak diminta pertanggungjawaban, maka jadikan pendidikan agama islam sebagai prioritas.

13. jika ada kendala atau masukan yg membangun maka berkabar untuk diperbaiki atau mencari solusi yang terbaik.

14. secara logika, setiap yang dibagi akan berkurang namun dihadapan Allah taala, sesuatu yg dibagi dijalan Allah taala akan bertambah berkali lipat. maka berbagilah kepada orang yang membutuhkan karna kita butuh mereka yg mau menerima pemberian kita agar kelak di akhirat dilipatgandakan Allah taala.

یَسۡـَٔلُونَكَ مَاذَا یُنفِقُونَۖ قُلۡ مَاۤ أَنفَقۡتُم مِّنۡ خَیۡر فَلِلۡوَ ٰ⁠لِدَیۡنِ وَٱلۡأَقۡرَبِینَ وَٱلۡیَتَـٰمَىٰ وَٱلۡمَسَـٰكِینِ وَٱبۡنِ ٱلسَّبِیلِۗ وَمَا تَفۡعَلُوا۟ مِنۡ خَیۡر فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِیم
Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang apa yang harus mereka infakkan. Katakanlah, "Harta apa saja yang kamu infakkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin dan orang yang dalam perjalanan." Dan kebaikan apa saja yang kamu kerjakan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui. Qs. Al-Baqarah 215

مَّثَلُ ٱلَّذِینَ یُنفِقُونَ أَمۡوا ٰ⁠لَهُمۡ فِی سَبِیلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِی كُلِّ سُنۢبُلَة مِّا۟ئَةُ حَبَّةۗ وَٱللَّهُ یُضَـٰعِفُ لِمَن یَشَاۤءُۚ وَٱللَّهُ وَ ٰ⁠سِعٌ عَلِیمٌ
Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui. QS. Albaqoroh: 261

15. berbuat baiklah kepada orang telah berbuat baik kepada kita, baik berupa makanan, minuman, ilmu, uang dll, karena itu bentuk rasa syukur kepada nikmat Allah arrazzaq yang telah Allah taala titipkan lewan perantra fulan.

لا يشرك الله من لا يشرك الناس
Tidak dikatakan bersyukur kepada Allah, orang yang tidak bersyukur kepada manusia. hr. Ahmad

16. anak yang dititipkan belajar mengaji layaknya anak sendiri, jika tidak hadir tanpa kabar, tentunya akan ada tanda tanya, maka sebaiknya berkabar.

17. Jika anak berhalangan hadir maka diharapkan berkabar ke ustadz atri yuanda ke no wa 08536237719

18. Jika ada perkara yang kurang berkenan pada diri pengajar, baik yang didengar atau dilihat langsung atau dari perantara anak atau orang lain maka sebaiknya segera tabayun, jika benar maka akan diperbaiki.

19. Diharapkan mengikuti program pendidikan tpq minimal 1 tahun, dan diharapkan tidak berhenti dadakan tanpa ada kabar.

20. Ada perasaan sedih ketika anak yang sudah di didik hingga bisa mengaji dan punya hafalan, tiba-tiba tidak mengaji lagi tanpa kabar. Jika ada yang kurang berkenan maka nasehati kami, jika ada kendala uang mengaji, in sya allah diberi keringanan.

21. Hidup di dunia ini ada pertemuan dan ada perpisahan. Datang baik-baik maka berhentipun dengan cara yang baik, minimal kirim pesan whatsapp dan alangkah baiknya berjumpa agar tetap terjalin ukhwah islamiyah.

Hal- hal yang harus diperhatikan setiap santri/wati

1. menghafal Alquran dan belajar agama adalah ibadah agung maka diharapkan perbanyak berdoa kepada Allah taala agar diberi kemudahan dalam menghafal dan memahami agama islam, hendaklah fokus, bersabar, ikhlas dan semangat.

2. Mengerjakan shalat 5 waktu, menghafal alquran dan ibadah lainnya adalah kebutuhan masing-masing, adapun guru hanya membantu membimbing.

3. dilarang berkata kotor, kasar, mengejek teman, mengganggu teman, mencoret-coret buku/kertas laporan, makan, bermain handphone dll

4. hadir tepat waktu (boleh telat jika ada udzur seperti jam pulang sekolah)

5. hormati yang lebih tua, sayangi yang lebih muda, beradab kepada guru pembimbing.

6. memakai pakaian muslim/ah

7. ingatkan anak untuk selalu membawa air minum, kertas laporan dan perlengkapan belajar.

8. Kertas laporan mutabaah hafalan quran dan doa difotokopi lalu disusun dalam map.


Waktu belajar (pilih salah satu)
- senin - jumat
- ahad pagi jam 07:00-08:30 di musholla dakwah
- 14.30 - selesai (menjelang azan ashar)
- bada ashar - selesai ( maks 30 menit sebelum azan maghrib)
- bada maghrib – menjelang azan isya

Infak rutin bulanan (pilihan)
- 50.000 – 75.000 – 100.000
- Menerima infak non rutin untuk kas operasional

tpq miftahul jannah atri yuanda

Penjelasan ringkas tentang format laporan

1. laporan mutabaah ini melatih konsistensi dalam belajar, melatih kejujuran dan evaluasi.

2. memberi tanda centang jika shalat dan garis lurus atau x jika tidak shalat.

3. Qiraah fardiyah adalah bacaan wajib yg berkesinambungan antara di rumah dan di tempat mengaji seperti di tempat mengaji halaman 1-3 maka dilanjutkan di rumah dari halaman 4-5, dan seterusnya hingga khatam qiraah.

4. Qiraah perhari minimal 4 halaman, 2 halaman di tempat mengaji dan 2 halaman di rumah

5. murojaah adalah mengulang hafalan yang telah di setor sesuai urutan yang telah disusun berdasarkan urutan dan dikerjakan di tpq dan di rumah.

6. Murojaah suqra: mengulang hafalan minimal 1 halaman.

7. Murojaah kubro: mengulang hafalan yang sudah disetor, minimal ¼ juz.

8. Setoran doa dan adzkar diisi pada laporan khusus doa dan adzkar.

9. Catatan ustadz/wali santri : di isi boleh ustadz/wali santri, diisi untuk menjelaskan keadaan santri, masukan, nasehat dan lainnya.

10. Diharapkan wali santri turut melihat perkembangan anak sebelum dibubuhi tanda tangan

semoga Allah taala bimbing saya dan kita semua diatas tali agama Allah taala dan tetap istiqamah hingga tutup usia, dan mohon dimaafkan jika ada tutur kata dan sikap yang kurang berkenan.

بارك الله فيكم
Disusun oleh Atri Yuanda ibnu Mahyudin Elbariamany
founder atriyuanda.web.id
Baca Juga
    kotak infak
    infak pengembangan dakwah online dan markaz tahfidz. transfer ke (451) 7131 9864 61 BSI a/n Atri Yuanda | yuk berteman, langganan artikel dan konfirmasi via WhatsApp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: