.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Ringkasan sirah nabawi "Permulaan Islamnya penduduk madinah (kaum anshor)"


- Pada Tahun 11 kenabian datang ke mekkah 6 orang (dari suku khazraj) dari arab yatsrib (nama madinah tempo dulu).

- maka nabi  mendakwahi mereka kepada Islam dan mengajak mereka untuk membantu menyampaikan risalah Rabb-nya (ajaran Islam).

- maka mereka ber-6 beriman (masuk islam) dan membenarkan kenabiannya, dan berkatalah sesama mereka

و الله إنه النبي الذي تعدنا اليهود، فلا يسبقوانا إليه
“demi Allah, sesungguhnya dialah nabi yang dijanjikan yahudi kepada kita akan kedatangannya, maka jangan sampai mereka mendahului kita beriman atas kenabiannya”.

- Dan tatkala mereka telah sampai ke negeri asal mereka, mereka kabarkan kepada kaumnya tentang kerasulan nabi muhammad ﷺ dan mengajak mereka untuk masuk islam, maka tersebarlah berita perihal nabi muhammad di seantero negeri yatsrib. Dan ini permulaan islamnya bangsa arab yatsrib.

Catatan saya


- Tahun 11 kenabian merupakan titik terang semakin dekat pertolongan Allah terhadap islam, setelah 10 tahun lamanya nabi  mendakwahi kaumnya dihadapkan dengan berbagai rintangan berat yang sangat menguji kesabaran nabi. Alhamdulillah, masuk islamnya penduduk madinah yang kemudian hari dikenal dengan kaum ashor (kaum penolong), kenal di madinah berdiri kota pertama dibawah kendali syariat islam hingga akhir zaman.

- Bangsa yahudi setelah mengetahui kerasulan nabi Muhammad ﷺ yang ternyata bukan dari keturunan bani israel menurut sangkaan mereka, sehingga kebanyakan mereka tetap tidak beriman dan membangkang kecuali sedikit. padahal mereka mengetahui kenabiannya sebagaimana dikabarkan dalam taurat dan injil. hal ini telah Allah taa’ala gambarkan mereka mengetahui kerasulan nabi muhammad  seperti mereka mengenal anak mereka sendiri.

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَعْرِفُونَهُ كَمَا يَعْرِفُونَ أَبْنَاءَهُمْ ۖ وَإِنَّ فَرِيقًا مِّنْهُمْ لَيَكْتُمُونَ الْحَقَّ وَهُمْ يَعْلَمُونَ (146)
Orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah Kami beri Al Kitab (Taurat dan Injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Dan sesungguhnya sebahagian diantara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui. QS. Al-Baqoroh: 146

- Bangsa yahudi yang menetap di madinah diantaranya bani an-nadhir, bani qorithoh dan bani qoinuqo’.

- Nasab Nabi  sampai ke kakek buyutnya ismail bin ibrahim alaihimassalam, sedangkan orang yahudi mengira bahwa nabi yang terakhir di utus berasal dari keturunan nabi yakub (dikenal dengan israel), keturunan dari nabi ishak ibnu ibrahim alaihimassalam.

Ditulis oleh Atri Yuanda ibnu mahyudin elbariamany | refereni kitab khulashoh nurul yakin dan sedikit tambahan
Baca Juga
    kotak infak
    infak pengembangan dakwah online dan markaz tahfidz. transfer ke (451) 7131 9864 61 BSI a/n Atri Yuanda | yuk berteman, langganan artikel dan konfirmasi via WhatsApp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: