.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Ringkasan sirah nabawi "Kelahiran Nabi hingga mengasingkan diri di goa hira menjelang kerasulan"


Ini merupakan Ringkasan Tahap Pertama (untuk dihafal) dari kitab khulasoh nuril yaqin

Baginda kita Muhammad ﷺ adalah Nabi Terakhir (tidak ada nabi setelahnya) dan Rasul Allah (utusan Allah) kepada seluruh manusia (bukan khusus orang arab saja), (nabi Muhammad Diutus) untuk menyeru mereka beribadah kepada Allah semata dan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun.

Dan nabi muhammad ﷺ telah dilahirkan di kota mekkah pada hari senin tanggal 12 rabiul awal. Ayahnya telah wafat sebelum kelahirannya, dikuburkan di kota madinah, ketika nabi ﷺ masih bayi di asuh ibunya (aminah binti wahbin), dan nabi di susui setelah ibunya oleh tsuwaibah al-aslamiyah (budaknya paman nabi abu lahab) kemudian dilanjutkan oleh halimatus sa’diyah.

Ketika usai nabi ﷺ 6 tahun, ibunya wafat di abwa (desa antara madinah dan mekkah), Ummu Aiman (budaknya ayah nabi abdullah yang kelak dimerdekakan nabi) mengasuh nabi muhammad ﷺ yang masih kecil, sang kakeklah (abdul muthtolib) yang mencukupi nafkah dan mengurus nabi yang masih kecil sejak wafat ibu nabi selama 2 tahun. Ketika umur nabi 8 tahun, sang kakek pun meninggal dunia, maka amanah menafkahi dan mengasuh nabi yang masih kecil dilanjutkan Abu Thalib (paman nabi).

Pada saat usianya 9 tahun, nabi ﷺ ikut bersafar bersama pamannya abu thalib ke syam. Dan seorang rahib (pendeta kristen katolik) mengenalnya (tanda-tanda kenabian pada diri muhammad kecil). Pada usianya 25 tahun, pergi safar membawa barang dagangan milik sayyidah khadijah dan setelah 2 bulan berdagang, nabi pun pulang. tak lama setelah itu, nabi muhammad (berusia 25 tahun) menikah dengan khadijah yang telah berusia 40 tahun.

Pada usia nabi ﷺ 35 tahun, nabi ﷺ turut membantu kaum quraisy membangun ulang kabah (hancur karena banjir bandang), dan nabi ﷺ dipilih memutuskan perkara diantara mereka dalam hal peletakan hajar aswad pada tempatnya.

Nabi Muhammad ﷺ sangat dikenal diantara kaumnya memiliki perilaku yang terpuji, sehingga mereka menyukainya dan sangat menghormatinya. oleh karena itu, mereka pun menggelari nabi dengan al-amin. Allah taala telah memelihara nabi muhammad ﷺ sejak kecil dari perbuatan jahiliyyah dan mulai suka mengasingkan diri dari manusia sejak usianya mendekati 40 tahun. di dalam goa hira, nabi muhammad ﷺ menyendiri untuk beribadah kepada Allah taala mengikuti syariat kakek buyutnya nabi Ibrahim alahissalam.

Catatan saya

- Kota mekkah dan kota madinah adalah 2 kota suci umat islam yang berada di dalam negara arab saudi saat ini

- Nabi terakhir yaitu tidak ada nabi setelahnya, jika ada yang mengaku nabi maka sudah jelas dipastikan dia adalah nabi palsu

- Nabi dan rasul umumnya di angkat Allah ketika berusia 40 tahun dan berjenis kelamin pria, tidak ada dari kalangan wanita

Ditulis oleh Atri Yuanda Ibnu Mahyudin Elbariamany
Baca Juga
    kotak infak
    infak pengembangan dakwah online dan markaz tahfidz. transfer ke (451) 7131 9864 61 BSI a/n Atri Yuanda | yuk berteman, langganan artikel dan konfirmasi via WhatsApp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: