.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Tips minimalisir iklan google adsense yang tak layak tampil di situs/channel YouTube konten islam

Bismillah, sholatu wa salam Ala rasulullah.

Disini saya berbagi ilmu dalam memblokir iklan adsense yang tampil di blog/situs/channel YouTube banyak memuat konten islam untuk menimalisir iklan yang tak layak tampil.

Sekilas pandang tentang google adsense
Bisnis periklanan digital terbesar di dunia adalah google. Periklanan pada perusahaan raksasa Google dikenal dengan nama Google adsense bagi publishernya yaitu konten kreator yang memiliki web atau channel YouTube yang layak menampilkan iklan adsense setelah memenuhi kriteria.

Adapun pengiklan yang ingin mengiklankan jasa atau produk nya dikenal dengan istilah advertiser, nah google menyediakan layanan google ads.

Bagi pengiklan harus memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan google seperti Konten atau fitur terbatas: Konten seksual, alkohol, Hak cipta, perjudian, permainan Dll, selengkapnya bisa baca di support.google.com

Google adsense dan google ads adalah robot yang dibuat oleh perusahaan Google untuk menjembatani antara pengiklan dan konten creator yang tepat sasaran. Namanya ciptaan manusia yang terkadang bisa dikelabui dan error makanya ada tim google yang bekerja manual untuk menindaklanjuti keluhan dari publisher, viewer, maupun advertiser.


Mengenal algoritma Iklan google adsense yang tampil
Iklan adsense tampil dalam bentuk gambar bergerak dan video (rupiahnya lebih besar). Iklan adsense tampil di web atau pun channel YouTube menurut analisa saya dan membaca adalah berdasarkan.

1. Minat pengunjung.
2. Pencarian yang terbaca dari handphone ataupun laptop.
3. topik konten baik berupa artikel pada web ataupun video di YouTube.
4. Random (tergantung pengIklan yang bayar mahal dan terbanyak untuk mencari konsumen random)

Tips menimalisir iklan google adsense yang tak layak tampil
Nah disini saya berbagi ilmu 3 cara bagaimana menimalisir iklan yang tak layak tampil di blog, website dan channel YouTube yang banyak atau fokus membahas konten islam.

1. Blokir iklan yang tampil di website atau di channel
biasanya ada tanda x disebelah kanan iklan yang bisa ditekan maka pilih
lalu klik stop iklan ini
ada 4 pilihan, kalau saya pilih iklan tidak pantas jika memuat aurat wanita.

Ini bisa dilakukan bagi visitor ataupun pemilik web/channel.

2. Memilih satu persatu iklan yang dianggap tak layak tampil
buka webmaster Google adsense lalu pilih kontrol pemblokiran lalu pusat peninjauan iklan.

setiap iklan yang akan tampil, di halaman ini akan ditinjau, kita bisa pilih mana yang layak tampil atau tidak. Caranya pilih iklan yang tak layak tampil dengan klik tanda panah.
jika iklan melanggar kebijakan google maka laporkan iklan, iklan yang dilaporkan akan diperiksa secara manual oleh tim google.

Cara ini cukup menyita waktu teman teman tapi tak apa apa, atau bisa juga kirim screenshot iklan yang tak layak tampil lalu kirim ke saya via wa 0853 6237 7198

3. Memblokir iklan sesuai topik besarnya pada kategori umum di webmaster Google adsense

Berikut daftar topik besar yang saya blokir agar tak tampil di blog atau channel yang saya kelola

"asur4nsi, musik, bank, hutang, kredit, pakaian w4nita, pengobatan alternatif (ini identik dengan perduku4an walau tak semua), agama Krist3n, game, produk kesehatan w4nita, mainan, hiburan, berita, seni, berita selebritis, berita, film"

Jika ada tambahan, silahkan japri saya.

Caranya
di webmaster Google adsense pada kontrol Pemblokiran langsung pilih website atau host channel lalu pilih kelola kategori umum
ketik kolom pencarian seperti pinjaman lalu tekan cari maka muncul daftar maka tekan scrol diizinkan menjadi warna biru.

jika dilihat tak layak tampil semua maka pilih paling atas maka akan diblokir semuanya.

Cara ini lebih ringkas dan terkadang harus dicek juga manual berdasarkan poin no 1 dan 2.

4. Blokir Kategori sensitif
cara ini hampir sama pada poin no 3, kalau di poin no 3 memilih kategori umum pada sudut kanan adapun pada poin ke 4 ini berada di tengah atau disebelah kategori umum. Kemudian di klik dan blokir kategori kasin0 sosial, kontra3psi dan alk0hol.

Catatan saya
- kedepannya harapan saya, untuk menopang operasional dan pengembangan dakwah online, solusi lainnya adalah infak, endorse (pasarkan produk/jasa orang langsung tanpa pihak ke 3) dan jualan.

Ditulis dan dirangkum oleh Atri Yuanda Ibnu Mahyudin Elbariamany
Baca Juga
    mohon perhatiannya:
    Berapapun Infak anda, sangat membantu kelangsungan dakwah online dan pembebasan lahan markas dakwah wat talim di kota dumai riau. transfer ke (451) 7131 9864 61 Bank Syariah Indonesia (BSI) a/n Atri Yuanda | konfirmasi dan saran, chat via whatsapp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: