.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Bolehkah bersedekah tapi minta di doakan | syeikh salim at-thowil hafizahullah

Bolehkah bersedekah tapi minta di doakan

Hukum asalnya seseorang beramal sholeh hanya mengharap ridho Allah azza wa jalla semata dan perkara lain mengikuti secara sendirinya, seperti bersedekah melapangkan kesulitan orang, in sya allah harta anda diberkahi, anda Bersedekah bertujuan kesembuhan bagi orang yang sakit, anda bersedekah agar hati di lapangkan dan berbagai tujuan lainnya. 

Semua keinginan ini sebenarnya mengikuti amal sholeh yang dikerjakan, namun yang harus dipahami, hendaklah anda bersedekah hanya karena Allah taala saja. 

إِنَّمَا نُطۡعِمُكُمۡ لِوَجۡهِ ٱللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنكُمۡ جَزَآءً۬ وَلَا شُكُورًا 
Sesungguhnya Kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula [ucapan] terima kasih. QS. Al-Insan: 9 

Janganlah ketika memberi sedekah lalu meminta kepadanya “doakan ibu saya sakit yach” (memaksa) ini tak selayaknya dilakuan namun yang benar adalah anda bersedekah karna Allah azza wa jalla semata. 

Kemudian secara sendirinya pertolongan itu datang, seperti Allah lapangkan dada anda, menyembuhkan sakit anda, menjadikan reputasi/kedudukan anda lebih baik, semua ini mengikuti amal sholeh secara sendirinya (tidak perlu disebutkan kebutuhan anda kepada manusia apalagi maksa) karna hukum asalnya semua ibadah, amal sholeh yang anda kerjakan hendaklah hanya mengharap wajah Allah semata.


translate Atri Yuanda bin Mahyudin elpariamany
Baca Juga
    mohon perhatiannya:
    Berapapun Infak anda, sangat membantu kelangsungan dakwah online dan offline yang saya kelola. transfer ke (451) 7131 9864 61 Bank Mandiri Syariah a/n Atri Yuanda | konfirmasi dan saran, chat via whatsapp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: