.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Muslim Mulia : cegah kejahatan tangan dan lisannya kepada saudara muslim lainnya

cegah kejahatan tangan dan lisannya kepada saudara muslim lainnya

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam alquran surat alhujurat ayat ke 12

يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱجۡتَنِبُواْ كَثِيرً۬ا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعۡضَ ٱلظَّنِّ إِثۡمٌ۬‌ۖ وَلَا تَجَسَّسُواْ وَلَا يَغۡتَب بَّعۡضُكُم بَعۡضًا‌ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُڪُمۡ أَن يَأۡڪُلَ لَحۡمَ أَخِيهِ مَيۡتً۬ا فَكَرِهۡتُمُوهُ‌ۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ۬ رَّحِيمٌ۬ (١٢)
" ..., janganlah saling menggunjing (qibah) satu sama lainnya, apakah salah seorang dari kalian ridho memakan daging bangkai saudaranya sendiri yang sudah mati? maka tentulah kamu mereasa jijik kepadanya. dan bertaqwalah kepada allah. sesungguhnya allah maha penerima taubat lagi maha penyayang"

dalam hadits muttafaqun alahi

وعن أبي موسى رضي الله عنه قال قلت‏:‏ يا رسول الله أي المسلمين أفضل‏؟‏
قال‏:‏ ‏"‏من سلم المسلمون من لسانه ويده و المهاجر من هجَر ما نهى الله عنه‏"‏‏ ‏‏(‏ متفق عليه ‏)‏‏
dari abu musa radhiallahu anhu berkata: aku bertanya wahai rasulullah, muslim seperti apakah paling mulia?, rasulullah menjawab: "seorang muslim yang mencegah (kejahatan) tangan dan lisannya terhadap saudara muslim lainnya dan orang yang hijrah, mereka yang hijrah dari apa yang Allah larang terhadapnya. HR. Muttafaqun alaihi

ذكر المسلمين هنا خرَج مخرج الغالب؛ لأ‌ن محافظة المسلم على كف الأ‌ذى عن أخيه المسلم أشد تأكيدًا؛ ولأ‌ن الكفار بصدد أن يُقاتلوا، وإن كان فيهم من يحب الكف عنه، والإتيان بجمع التذكير للتغليب، فإن المسلمات يدخلنَ في ذلك، وخصَّ اللسان بالذكر؛ لأ‌نه المعبر عما في النفس، وهكذا اليد؛ لأ‌ن أكثر الأ‌فعال بها، وفي التعبير باللسان دون القول نُكتة، فيدخل فيه مَن أخرج لسانه على سبيل الاستهزاء
penyebutan muslim disini berkaitan dengan mencakup kebanyakan karena seorang muslim hendaklah menjaga saudara muslim nya sebagai bentuk penekanan yang sangat tegas dan dikarenakan orang kafir punya perhatian besar untuk memerangi umat islam walaupun tidak bisa dipungkiri ada diantara mereka yang senang mencegah kejahatan tangan dan lisan mereka kepada umat islam. 

penyebutan muslim pria lebih banyak ini juga menunjukkan muslimah juga termasuk dalam penyebutan dalam hadist tersebut. adapun penyebutan lidah secara khusus dikarenakan mengungkapkan apa yang ada dihati, begitu juga tangan dikarenakan paling banyak aktifitas daripada anggota badan lainnya.

Hijrah itu ada 2: yang tampak dan tak tampak

والهجرة ضربان: ظاهرة وباطنة؛ فالباطنة: ترْك ما تدعو إليه النفس الأمَّارة بالسوء والشيطان، والظاهرة: الفرار بالدين من الفتن، وحقيقة الهجرة تحصل لمن هجَر ما نهى الله عنه، فاشتَملت هاتان الجملتان على جوامع مِن معاني الحِكَم والأ‌حكام.
Hijrah itu ada 2: yang tampak dan tak tampak
menolak ajakan syahwatnya yang suka memerintahkan kepada keburukan dan godaan syaitan, adapun yang tampak adalah lari membawa agama dari tempat yang banyak godaaan (merusak iman) dan hakikat hijrah adalah tercapainya pada seseorang meninggalkan apa yang dilarang Allah kepadanya, maka telah mencakup 2 petunjuk dari ungkapan singkat padat terkandung makna kebijaksanaan dan hukum-hukum.

وعن سهل بن سعد قال‏ قال رسـول الله ﷺ ‏( من يضمن لي ما بين لحييه، وما بين رجليه أضمن له الجنة‏ )‏ ‏(‏‏ ‏متفق عليه ‏)‏‏
dari sahl bin sa'ad berkata: rasulullah bersabda "barang siapa yang membuat jaminan terhadapku untuk menjaga diantara 2 janggutnya (lisannya) dan apa yang berada diantara 2 kaki (kemaluan) maka aku jamin baginya (masuk) syurga. HR. Muttaqafun alahi

maksud menjaga disini= mencegah dirinya berbuat kerusakan

source quranexplorer.com | alukah.net

ditulis oleh atri yuanda bin mahyudin
Baca Juga
    mohon perhatiannya:
    Berapapun Infak anda, sangat membantu kelangsungan dakwah online dan offline yang saya kelola. transfer ke (451) 7131 9864 61 Bank Mandiri Syariah a/n Atri Yuanda | konfirmasi dan saran, chat via whatsapp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: