Kisah tentang Besarnya ganjaran pahala menutup rapat aib seseorang

Seorang pria mendatangi desa tertentu, bertanya tentang seseorang yang dia sendiri tidak kenal

Satu persatu orang yang dia temui ditanyai tapi tak ada yang tahu, lalu berkata ke sekumpulan orang : dimanakah fulan ibnu fulan ?

Ada yang berkata : dia tinggal disana (sambil menunjuk)

Ketika dia pergi kesana, dia lihat penampilannya sederhana dan biasa-biasa saja, tidak tampak seorang ahli ibadah

Lalu didatangi dan berkata, anda fulan ibnu fulan ?

Fulan : ya

Pria : saya ingin anda memberi tahu saya tentang amalan sholeh antara anda dan Allah yang mana tak ada seorang pun yang tahu kecuali Allah

Fulan : amal apa yang anda maksudkan ?

Pria : anda punya amal sholeh rahasia, saya tak kenal anda begitu juga sebaliknya, saya datang dari tempat yang jauh, kenapa saya datang ? karna ada perkara yang saya alami berkaitan tentang anda yaitu perihal amal sholeh tersembunyi antara anda dengan Allah.

Fulan : baiklah kalau begitu, saya akan sampaikan kepada anda

Pria : oke

Fulan : saya telah menikahi wanita yang masih dekat hubungan kerabat dengan saya

Ketika aku sah telah menikahinya, tak lama kemudian istriku berkata : tutuplah aibku, semoga Allah tutup pula aibmu.

Lalu aku berkata : ada apa dengan kamu ?

Istrinya : aku telah hamil di luar nikah, jika keluargaku tahu, mereka akan langsung membunuhku, sekarang aku ada dihadapanmu, jika kamu hendak memberi tahu mereka maka lakukan, namun jika kamu tutup aibku, semoga Allah tutup pula aibmu.

Fulan : ketika itu aku diam (merenung) dan menjaga aibnya, lalu kami pindah ke negeri lain yang mana tak ada yang mengenal kami, di negeri itu aku larang istriku keluar rumah dan menemui siapapun hingga dia melahirkan.

Ketika telah lahir, aku bawa bayi (cowok) tersebut pada akhir malam ( menjelang azan subuh). Saya mendekati pintu masjid, ketika semua jamaah masuk masjid melaksanakan shalat berjamaah.

Saya letakkan bayi tersebut dibelakang pintu lalu masuk ke shaf melaksanakan sholat berjamaah.

Tak lama setelah selesai melaksanakan sholat subuh berjamaah, si bayi menangis, lalu manusia berkumpul dekat bayi tersebut, (salah seorang berkata) ini bayi siapa ?, siapa yang tahu anak ini ?

Berkata si fulan tersebut kepada mereka : tidak apa-apa jika tidak ada yang tahu, berikan anak tersebut kepada saya, biar saya saja yang memeliharanya, akan tetapi kalian bersaksi bahwa ini bukanlah anakku, akan tetapi aku menemukannya di masjid.

Lalu dia bawa anak tersebut

Fulan : aku ambil dan bawa ke ibunya kembali. ini anakmu, peliharalah dia, sekarang aibmu terlindung dari pandangan manusia (tak malu keluar rumah bawa anak)

Fulan : sekarang anda sudah tahu kisah rahasia tersebut, apa yang kamu inginkan dari kejadian tersebut ?

Pria : aku bertemu Rasulullah (dalam mimpi) yang memberikan kabar gembira kepadamu dengan syurga

Allahumma sholli wa sallim ala nabiyina Muhammad

Pria tersebut jumpa nabi dalam mimpinya tentang si fulan yang diberi kabar gembira dengan syurga karena perbuatannya tersebut.

Begitu besar ganjaran menutup aib

Tidak ada komentar: