.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

Bolehkah memajukan khutbah id atau istisqa sebelum shalat ?

memajukan khutbah id sebelum shalat

bismillah, hal ini pernah ditanyakan kepada syaikh bin baz rahimahullah, beliau mengatakan

wajib bagi setiap muslim mengikuti rasulullah shallallahu alahi wa salam atas apa yang diwahyukan kepadanya. dan melakukan amalan sebagaimana dia lakukan, tidak menambahkan sesuai kemauan akal dan tidak pula merubah, nabi shallallahu alahi wa salam telah berkata :

صلوا كما رأيتموني أصلي
shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat

dan dalam alquran memerintahkan dengan lafadz umum

وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ [البقرة:43]
dan dirikanlah shalat. (albaqoroh: 43)

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ [البقرة:238]
peliharalah shalat-shalat (albaqoroh: 238)

dan rasulullah shallallahu alahi wa salam menjelaskan dan memperinci perintah shalat yang ada dalam alquran dengan ucapan dan perbuatan nabi, maka selayaknya setiap muslim mengikuti tatacara rasulullah dan tidak melakukan bidah serta tidak dibenarkan bagi setiap muslim memajukan khutbah id.

adapun shalat istisqa (meminta hujan) terdapat riwayat yang membolehkan khutbah dimajukan atau diakhirkan sedangkan khutbah id tidak boleh dimajukan, harus shalat kemudian khutbah, begitulah yang dilakukan nabi shallallahu alahi wa salam, khulafaur rasyidin dan kaum muslimin. adapun perbuatan marwan yang menyelisihi sunnah nabi dengan memajukan khutbah id telah di ingkari abu said alkhudry.

maka kesimpulannya bahwa wajib bagi setiap muslim melakukan shalat sebagaimana nabi shallallahu alahi wa salam shalat dan disunnahkan bagi kaum muslimin hadir mendengarkan khutbah id dan khutbah istisqa.

teks arab silahkan baca disini binbaz.org.sa
Baca Juga
    mohon perhatiannya:
    Berapapun Infak anda, sangat membantu kelangsungan dakwah online dan offline yang saya kelola. transfer ke (451) 7131 9864 61 Bank Mandiri Syariah a/n Atri Yuanda | konfirmasi dan saran, chat via whatsapp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: