Tidak berniat puasa dan bertekad buka puasa

من قطع نية الصوم وجزم بالفطر

قال ابن قدامة: (ومن نوى الإفطار فقد أفطر) هذا الظاهر من المذهب، وهو قول الشافعي، وأبي ثور.
Telah Berkata Ibnu Qudamah: (dan barangsiapa berniat buka puasa maka telah berbuka puasa) ini yang tampak dari mazhab sebagaimana perkataan imam as-syafii dan abu dzar.

فأما صوم النافلة، فإن نوى الفطر، ثم لم ينو الصوم بعد ذلك، لم يصح صومه؛ لأن النية انقطعت، ولم توجد نية غيرها فأشبه من لم ينو أصلا.
adapun puasa sunnah maka jika berniat buka puasa namun belum berniat puasa maka puasanya tidak sah, karna niatnya terputus dan tidak didapati pada dirinya niat puasa maka sama dengan orang yang tidak puasa sama sekali.

Tidak berniat puasa

وإن عاد فنوى الصوم، صح صومه، كما لو أصبح غير ناو للصوم؛ لأن نية الفطر إنما أبطلت الفرض لما فيه من قطع النية المشترطة في جميع النهار حكما وخلو بعض أجزاء النهار عنها، والنفل مخالف للفرض في ذلك. (المغني 133/3)
dan jika dia berniat kembali berpuasa maka sah puasanya sebagaimana seandainya tidak berniat untuk berpuasa. karna niat buka puasa sesungguhnya hanya membatalkan puasa wajib disebabkan terputusnya niat yang merupakan syarat di seluruh siang dan sebagian siangnya. adapun puasa sunnah berbeda dengan puasa wajib dalam hal ini (almuqni 3/133)

قال الشيخ ابن عثيمين: أما لو قال: إن وجدت ماء شربت وإلا فأنا على صومي، ولم يجد الماء، فهذا صومه صحيح، لأنه لم يقطع النية، ولكنه علق الفطر على وجود الشيء، ولم يوجد الشيء فيبقى على نيته الأولى. (مجموع فتاويه 183/19)
telah berkata syeikh ibnu utsaimin: adapun seandainya dia berkata: jika aku mendapatkan air maka aku minum dan jika tidak maka aku akan tetap puasa, dan tidak dia dapati air maka puasanya sah karna niat puasanya belum terputus, dia mengaitkan buka puasa dengan keberadaan sesuatu namun tidak dapat maka hukumnya kembali kepada niat awalnya yaitu tetap berpuasa. (majmu fatawihi 19/183)

Diterjemahkan oleh Atri Yuanda Elpariamany

catata: jika ada kesalahan terjemahan harap wapri untuk diperbaiki, syukron

Tidak ada komentar: