Hukum memajukan puasa ramadhan dan kapan boleh ?

memajukan puasa ramadhan

في الصحيحين: (لا تقدموا رمضان بصوم يوم، أو يومين إلا رجلا كان يصوم صوما فليصمه)
Tidak boleh mendahului puasa ramadhan 1 hari atau 2 hari kecuali seseorang berpuasa (selain puasa Ramadhan) maka berpuasalah dia. HR. muttafaqun alahi

قال البغوي: والعمل على هذا عند أهل العلم، كرهوا استقبال شهر رمضان بصوم يوم أو يومين، إلا أن يوافق صوما كان يصومه رجل، أو صامه عن قضاء، أو نذر عليه. (شرح السنة 237/6)
berkata albaqawi : dan pelaksanaan dalam hadist ini menurut para ahli ilmu, bahwasanya di makruhkan memajukan bulan ramadhan 1 hari atau 2 hari kecuali seseorang berpuasa sunnah (yang waktunya bertepatan) atau puasa qadha atau puasa menunaikan nazharnya. (syarhus sunnah 6/237)

وبوب أبو داود: "باب كراهية صوم يوم الشك" وأورد حديث عمار: (من صام هذا اليوم، فقد عصى أبا القاسم صلى الله عليه وسلم).
dan abu daud mengkategorkan pada bab dimakruhkan puasa dihari yang diragukan dan beliau menyebutkan hadist riwayat umar : (barangsiapa berpuasa hari ini (hari yg diragukan) maka sungguh dia telah memaksiati saya abul qasim shallallahu alahi wa salam)

قال ابن المنذر: فغير جائز صوم يوم الشك، ولا يجوز أن يتقدم صوم رمضان بيوم ولا يومين، إلا أن يوافق ذلك صوما كان يصومه المرء. (الإقناع 191/1)
dan berkata ibnul mundzir : maka tidak dibolehkan berpuasa di hari yang diragukan dan tidak dibolehkan memajukan puasa ramadhan 1 atau 2 hari kecuali seseorang hendak berpuasa (yang waktunya bertepatan dengan puasa sunnah) maka hendaklah dilakukan (al-ighna'u : 1/191)

ومن كان عليه قضاء فيجب أن يبادر به وأن يصومه ولو كان في يوم الشك. 
dan barangsiapa ada hutang puasa maka hendaklah dia bersegera menyelesaikan walau di hari yang diragukan awal puasa ramadhan.

diterjemahkan oleh Atri Yuanda Elpariamany
source https://t.me/fiiqh

Tidak ada komentar: