.widget img{ max-width:100%; height:auto;}

4 cara mengobati penyakit ujub pada diri sendiri

berkata al-imam Abu laits assamarqandy (wafat 373 hijriah) dalam kitabnya tanbihul qafilin hal 252: "barangsiapa yang ingin menghilangkaN penyakit ujub maka hendaklah dia melakukan 4 hal ini"


1. hendaklah dia melihat dan sadar bahwa ketaatan yang dia lakukan merupakan taufik dari Allah taala. jika seorang hamba mnyadari hal ini mak dia akan perbanyak bersyukur kepada Allah taala, bukan semakin ujub atas amal shalihnya.

2. hendaklah dia memperbanyak melihat banyaknya nikmat yang telah Allah limpahkan kepadaya. jika seorang hamba melihat betapa banyak nikmat yang telah dia peroleh dari Allah taala maka dia sibuk memperbanyak syukur dan memandang sedikitnya amal yang dia kerjakan, yang tak sebanding dengan nikmat yang telah Allah arrahman berikan, sehingga dia pun tak takjub dengan amalnya.

Baca juga Nasehat Syaikh Utsaimin rahimahullah : Perbanyaklah Doakan Ayah Ibu

3. hendaklah dia cemas amal shalih yang dikerjakan tidak diterima Allah taala. jika seorang hamba cemas amalnya diterima atau tidak maka hilanglah rasa ujub pada dirinya.

4. hendaklah dia melihat rentetan dosa yang dahulu pernah dia lakukan dimasa lampau, hendaklah dia cemas jika ternyata timbangan dosanya lebih banyak dari amal shalihnya. jika timbul rasa cemas, maka hilanglah rasa ujub pada dirinya.

bagaimana seseorang bisa ujub terhadap dirinya, padahal dia tidak tahu di akhirat kelak apa yang tertulis dalam catatan amalnya dan dari arah mana dia akan peroleh catatan amalnya ? dan ketahuilah bahwa kebahagian dan rasa takjub yang sebenarnya, tatkala kita memperoleh catatan amal dari sebelah kanan dan membaca catatan amal kebaikan kita telah diterima Allah taala.

berkata imam ahmad dalam kitabnya az-zuhud (2353) : telah menceritakan kepadaku hajjaj dari almasudy dari ibnu utbah, dari roja bin haiwah, dia berkata: tidaklah seseorang perbanyak mengingat kematian melainkan akan hilang pada dirinya perasaan bahagia dan hasad.

aku berkata: dan begitu juga hilangnya penyakit ujub.

catatan saya

- ujub adalah seseorang kagum/takjub atas pencapaian amal shalih yang telah dia lakukan, sehingga muncul rasa angkuh/berbangga diri/besar kepala/sombong.

- semoga kita menjadi hamba Allah yang tawadhu dan dijauhkan dari sifat ujub, semoga amal shalih kita di terima Allah taala, diberi nikmat husnul khatimah dan dikumpulkan di syurgaNya Allah taala tanpa singgah ke neraka, amin ya Allah.


translate by atri yuanda ibnu mayudin
_______________
Teks Arab

علاج العُجُب 

 الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه
أما بعد :

قال السمرقندي في تنبيه الغافلين ص252 :"
من أراد أن يكسر العجب فعليه
بأربعة أشياء:

أولها: أن يرى التوفيق من الله تعالى، فإذا رأى التوفيق من الله تعالى فإنه يشغل بالشكر ولم يعجب بنفسه.

الثاني: أن ينظر إلى النعماء التي أنعم الله بها عليه فإذا نظر في نعمائه اشتغل بالشكر عليها واستقل عمله ولم يعجب به.

الثالث: أن يخاف أن لا يتقبل منه، فإذا اشتغل بخوف القبول لا يعجب بنفسه.
الرابع: أن ينظر في ذنوبه التي أذنب قبل ذلك، فإن خاف أن ترجح سيئاته على حسناته فقد قل عجبه، وكيف يعجب المرء بعمله ولا يدري ماذا يخرج من كتابه يوم القيامة؟ وإنما يتبين عجبه وسروره بعد قراءة الكتاب "

قال أحمد في الزهد [ 2353]:
 حَدَّثَنِي حَجَّاجٌ ، عَنِ الْمَسْعُودِيِّ ، عَنِ ابْنِ عُتْبَةَ ، عَنْ رَجَاءِ بْنِ حَيْوَةَ قَالَ : مَا أَكْثَرَ رَجُلٌ ذِكْرَ الْمَوْتِ إِلاَّ تَرَكَ الْفَرَحَ وَالْحَسَدَ.

أقول : والعجب أيضاً !

هذا وصل اللهم على محمد وعلى آله وصحبه وسلم
Baca Juga
    mohon perhatiannya:
    Berapapun Infak anda, sangat membantu kelangsungan dakwah online dan pembebasan lahan markas dakwah wat talim di kota dumai riau. transfer ke (451) 7131 9864 61 Bank Syariah Indonesia (BSI) a/n Atri Yuanda | konfirmasi dan saran, chat via whatsapp ke 0853 6237 7198. | Jazakumullahu Khairan

    Tidak ada komentar: